Bawaslu Wonogiri Konferensi Pers Dengan Wartawan

Bawaslu Wonogiri Konferensi Pers Dengan Wartawan

WONOGIRI, TABLOIDKONTRAS.com Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri memulai tahapan Pilkada 2020. Disawali dengan melakukan rekrutmen panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Tapi, rekrutmen Panwascam kali ini berbeda dibanding sebelumnya.

“Dalam rekrutmen (Panwascam) ini, kita ingin berusaha mencari SDM yang unggul. Dimana, mereka hairs lolos persyaratan normatif,” ungkap Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub saat menggelar konferensi pers, di Aula Kantor Bawaslu Wonogiri, Kamis 14/11.

Dikatakan, kebutuhan petugas Panwascam sebanyak 75 orang. Perinciannya, tiap-tiap kecamatan ada tiga pengawas. Dia mengisyaratkan dalam rekrutmen petugas Panwascam tidak membatasi latar belakang calon, semisal pernah menjadi Panwascam sebelumnya.

“Menurut Juknis, dalam proses rekrutmen nantinya di tiap-tiap kecamatan minimal ada enam pendaftar,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu Wonogiri, Isnawati Sholihah menjelaskan, tanggal 13 Nopember hingga 26 Nopember merupakan pengumuman pendaftaran calon Panwascam. Kemudian penerimaan berkas dimulai 27 Nopember hingga 3 Desember.

“Setelah proses administrasi lengkap lolos, maka peserta pada 13-17 Desember dapat mengikuti tes tertulis dan juga tes wawancara. Sedangkan hasil rekrutmen akan diumumkan pada 18 Desember 2019,” jelasnya.

Meski demikian, ada sedikit perbedaan dalam tahapan rekrutmen petugas Panwascam tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dimana, tahun ini di dalam pelaksanaan tes tertulis nantinya akan dilakukan secara online, hasil tes tertulis langsung diterima oleh Bawaslu RI.

Sementara dalam tes wawancara akan dilakukan pihaknya yang tentunya menitikberatkan pada poin-poin tertentu dari peserta. Diantaranya calon peserta memiliki pengalaman, diantaranya  tentang kepemiluan dan integritas dan lain-lainnya. Hal demikian menurut dia dalam rangka menjaring SDM yang berkualitas.

“Teknis selebihnya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Bawaslu RI,” terangnya

 

[ wwk ]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses