Derek: Diminta Tipikor Panggil Bupati Terkait RTLH Bolmong. Kasat Reskrim: Nanti Akan di Dalami.

Derek: Diminta Tipikor Panggil Bupati Terkait RTLH Bolmong. Kasat Reskrim: Nanti Akan di Dalami.
LP2KP Ahmad Derek Ismail dan Bupati Bolmong Dra.Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow. LP2KP Menyarankan Tipikor Dapat Memanggil Bupati Bolmong Untuk Dimintai Keterangan Seputar RTLH.

BOLMONG,TABLOIDKONTRAS.com –  Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP) Melalui Ketua Intelijen dan Investigasi-Ahmad Derek Ismail Menyarankan kepada penyidik Tindak Pedana Korupsi (tipikor) Diminta agar Bupati Bolmong Dra. Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow dipanggil untuk dimintai keterangan atas seputar tanggungjawab dirinya sebagai kepala daerah berkaitan dengan dugaan tidak tuntasnya pembangunan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) di bolmong.

Bahkan kata derek, Mustahil Ketika bantuan anggarannya bisa turun tanpa campur tangan pemerintah daerah. Olehnya, Hemat kami bupati juga harus bertanggungjawab jika ada indikasi ketidakberesan yang terjadi pada penyaluran bantuan tersebut dan wajar untuk dimintai keterangan oleh Tipikor.

” Kan Setiap usulan berkaitan dengan bantuan yang di gelontorkan kemensos RI, Tentunya berangkat dari rekomendasi pemerintah daerah. Mulai dari tahapan survei lapangan siapa nama nama yang layak masuk dalam usulan dan lolos dalam seleksi berdasarkan peryaratan melalui kajian dan ketelitian yang matang, kemudian draf usulan final untuk di sampaikan ke kemensos RI dan disetujui dananya turun,” Ujar Ahmad derek ismail.

Begitupun kata Derek, ketikapun realisasi fisik tersebut tidak dilaksanakan ataupun dilaksanakan dengan baik, pasti Bupati bolmong mengetahui itu. Maka Bukan hanya pihak penerima maupun dinsos serta pihak ke tiga penyedia barang di periksa oleh tipikor. Melainkan bupati bolmong dapat dimintai keterangan juga apakah mengetahui RTLH tersebut belum tuntas atau tidak?

” Baiknya Tipikor Perlu juga memanggil Bupati bolmong seputar tanggungjawabnya berkaitan kegiatan  RTLH bolmong yang belum selesai sampai saat ini. Pintah Ahmad Derek Ismail Pada Awak media Kamis (24/12/20)Siang tadi.

Terpisah Kasat Reskrim Polres bolmong AKP M.Ali Tahir SH, Ketika di konfirmasi terkait apakah hanya pihak Penerima maupun dinsos dan pihak ke 3 yang di panggil untuk di periksa? Ali Tahir menjawab, Kami mulai dari pihak yang terlibat langsung dalam RTLH itu pak….ini program dari kementrian. Kata Kasat Reskrim melalui Via WhatsApp.

Disinggung Tanggungjawab kepala daerah ‘Bupati’ Apakah bersangkutan termasuk bakal di panggil untuk dimintai keterangan seputar RTLH? Kasat Reskrim mengatakan Nanti akan di dalami. Pungkas AKP. M.Ali Tahir SH,

Data yang berhasil dirangkum oleh Wartawan, Anggaran bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) ini bersumber dari Kementrian Sosial ( Kemensos RI ) tahun 2019, Pagu anggarannya berkisar 750 juta. Dibagi untuk beberapa kelompok penerima yang tersebar di dua kecamatan.Yakni, kecamatan lolak dan kecamatan bolaang timur ( Bolmong-Red).

Namun sayangnya, hingga tahun anggaran 2020 akan berakhir, realisasi fisik RTLH belum tuntas dan hanya sebagian kecil menerima yang menikmati, itupun bentuknya barang bukan uang.

Sementara untuk sebagian besar penerima diduga kuat belum menerima bantuan kemensos hingga desember 2020 saat ini.

Menelusuri atas dugaan ketidakberesan RTLH ini, Wartawanpun coba mengkonfirmasi pihak kepolisian apakah mengetahui persoalan RTLH bolmong yang belum tuntas tersebut. Alhasil penyidik tipikor menjawab melalui kasat reskrim polres bolmong AKP. M.Ali Tahir SH, bahwa sudah dalam proses penyelidikan dan disebutkan ada dugaan korupsi sebesar 750 juta yang lagi di bidik oleh Tipikor.

Ali Tahir juga membeberkan Tipikor telah memanggil dan memeriksa beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan itu. Diantaranya Dinas Sosial ( Dinsos Bolmong), Kelompok Penerima ( Warga ) selanjutnya akan di jadwalkan pemanggilan Pihak ke tiga ( Cv.Anugerah Abadi ) selaku penyedia barang ( Pelaksana) berinisial JM Alais Jim.

Menariknya ketika di tanya apakah bupati bolmong Dra.Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow bakal turut di panggil. Kasat Reskrim menjawab. Nanti akan di dalami dulu.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan