Di Dampingi LPK RI, Finance SMS Kalah Dalam Gugatan Konsumen Atas Perampasan Kendaraan Secara Paksa.

Di Dampingi LPK RI, Finance SMS Kalah Dalam Gugatan Konsumen Atas Perampasan Kendaraan Secara Paksa.
Ketua LPK RI Blmong Edwin Hatam

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.Com – Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (LPK-RI) Bolaang Mongondow berhasil mengalahkan pihak Financial salah satu perusahaan jasa keuangan Finance SMS Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Dalam gugatan salah satu nasabah tersebut, finance Kalah di pengadilan dalam perkara dugaan penipuan dan perampasan kendaraan secara paksa.

Majelis hakim PN Kota Kotamobagu mengabulkan gugatan ganti rugi yang diajukan nasabah Finance SMS bernama Maxi Moonik. Dalam perkara itu, Finance SMS berposisi sebagai tergugat.

Sidang digelar di PN Kotamobagu, Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 348, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu, Senin (18/1/2021). Pada sidang itu, majelis hakim dipimpin oleh Tommi Mandagi, hakim senior di PN Kotamobagu.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan, pegawai Keuangan SMS Kotamobagu terbukti telah melakukan perampasan mobil secara paksa dari Maxi Moonik. Berdasarkan fakta-fakta di persidangan didukung keterangan para saksi, majelis hakim pun mengabulkan gugatan ganti rugi yang diajukan Maxi.

Maxi beralamat di warga Desa Popo Selatan, Kecamatan Passi, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Di forum sidang sebelumnya, saksi dari pelapor / penggugat menjelaskan kronologi perampasan mobil dengan kekerasan serta dugaan telah melakukan penipuan terhadap Maxi pada bulan November 2020.

Saksikan, nasabah telah diperdaya dengan modus penandatanganan surat keringanan oleh petugas dari Finance SMS. Di Kantor Finance SMS Kotamobagu, Kemudian kunci mobil telah berpindah tangan dari nasabah ke karyawan Finance SMS dengan cara perampasan kekerasan.

Selanjutnya mobil dibawa kabur tanpa jelas orangtua. Sedangkan di dalam mobil terdapat uang tunai sebesar Rp 8.000.000 untuk berhadiah setoran ke Finance SMS. Uang itu tidak diambil oleh Maxi

tergugat yang dalam hal ini Finance SMS melalui pengacaranya mengatakan keberatan atas putusan tersebut. Atas keberatan itu, majelis hakim memberikan kesempatan selama seminggu kepada pihak tergugat Finance SMS Kotamobagu untuk mengajukan keberatannya.

Sementara Maxi Moonik menyampaikan terima kasih atas putusan yang adil oleh majelis hakim PN Kotamobagu. Selama pengurusan perkara tersebut, Maxi didampingi oleh Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (LPKRI) Kota Kotamobagu, Erwin Hatam. menyampaikan, apresiasi kepada PN Kotamobagu atas putusan yang memenangkan nasabah Finance SMS.

“PN Kotamobagu akhirnya mengabulkan tuntutan kerugian yang dialami nasabah akibat tindakan Finance SMS yang sudah melakukan perbuatan melawan Hukum,” Ungkap Tandas Ketua LPK-RI Edwin Hatam.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan