“Diduga Terjadi Pembiaran” Kapolda Diminta Tindak Pelaku PETI Di Talugon.

“Diduga Terjadi Pembiaran” Kapolda Diminta Tindak Pelaku PETI Di Talugon.
Lokasi PETI yang sangat memprihatinkan kondisinya

BOLTIM,TABLOIDKONYRAS.Com – Dugaan Konspirasi dan Pembiaran aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI) yang ada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Menuai sorotan.

Tidak hanya pelaku PETInya, Namun diduga ada beberapa oknum berbaju coklat dikabarkan ikut main PETI disana, Sekaligus back up kegiatan ilegal tersebut.

Bahkan,Aktivitas PETI dilokasi talugon, Tepatnya didesa lanut, kecamatan modayag ini, terindikasi dijadikan lahan garapan besar sebagai pundi pendapatan pada setiap minggu.

” Iya pak, ada beberapa Oknum baju coklat memiliki peran banyak disana dan mereka juga mendapatkan jatah dengan jumlah lumayan besar pada setiap produksi,” Beber Sumber yang minta namanya tidak di sebutkan dalam pemberitaan, Rabu (30/12/2) Kemarin.

Lanjut sumber, Lokasi PETI tersebut telah digarap oleh beberapa pelaku tambang sejak lama dan sampai hari ini masih beraktivitas dengan skala besar.

” Lokasi itu sudah lama beraktivitas dan di dalamnya tidak hanya satu oknum pengusaha PETI. Tapi, Ada beberapa oknum pengusaha lainnya melakukan aktivitas yang sama dengan menggunakan alat berat Escavator serta kegiatan mereka itu di back Up oleh oknum petinggi,” Ujar Sumber saat bertatap muka dengan awak media di kediamannya desa lanut ( Boltim-Red).

Sementara itu Ketua Bidang Intelijen dan Investigasi LP2KP-Ahmad Derek Ismail mengatakan, Diminta Kapolda dapat menindak seluruh aktivitas pertambangan ilegal di boltim.

” Kapolda Diminta Tindak Pelaku PETI dilokasi Talugon,” Pintah Derek.

Menurutnya, Kegiatan ilegal tersebut tidak sewajarnya dibiarkan. Olehnya dirinya berharap agar ada ketegasan dari kapolda Sulawesi Utara ( Sulut ) untuk menangkap para pelaku PETI disana.

” LP2KP Sejak beberapa bulan lalu sudah melakukan penyisiran dan pengintaian atas aktivitas di lokasi talugon dan beberapa lokasi lainnya. Hingga kesimpulan kami menduga bahwa ada pembiaran yang sengaja dilakukan untuk memuluskan kegiatan PETI itu untuk kepentingan tertentu,” Ujar Derek.

Dikatakan Derek, Oknum Pelaku PETI yang main dilokasi tersebut antara lain, Berinisial AP alias Andi, AM alias man, LD Alias Lol dan beberapa oknum lainnya.

” Mereka itu yang memiliki andil besar dalam operasi tambang Ilegal disana,” Ungkap Derek, Sambil memberikan bukti data hasil investigasinya berupa rekaman video dan foto PETI kepada awak media atas aktivitas ilegal yang selama ini diduga dibiarkan.

Lanjutnya Mengatakan, bahwa aktivitas PETI di Talugon Desa Lanut sangat berbahaya terhadap lingkungan apabila limbah B3 merambah perairan desa tengga lainnya. Apa terlebih ada lahan perkebunan masyarakat yang ada di Desa Bayandi ( Boltim ).

“Sebelum terjadi bencana, sebaiknya pihak yang berwenang melakukan penertiban atau memberikan sanksi hukum agar ada efek jera kepada pelaku penambang ilegal,” Harapnya.

Tambahnya, Bahwa ditemukan juga lokasi PETI Talugon berdasarkan data investigasi LP2KP, nyatanya tidak masuk dalam areal Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi (OP) emas, KUD Nomontang. Pungkas LP2KP Ahmad derek ismail, Kamis 31 desember 2020.

 

(Lucky Lasabuda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan