Disdik Jabar Gelar Workshop Penguatan Implementasi Kurtilas SMA

Disdik Jabar Gelar Workshop Penguatan Implementasi Kurtilas SMA
Kabid PSMA Disdik Jabar Yesa Sarwedi

BANDUNG, TABLOIDKONTRAS.com – Tujuan dilaksanakannya workshop penguatan implementasi kurikukulum 2013 (kurtilas) SMA oleh Bidang PSMA Disdik Jabar adalah agar guru mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran dan penilaian. Dalam rangka menyukseskan implementasi kurikulum 2013 diperlukan guru yang profesional dengan kemampuan membuat perangkat pembelajaran dan penilaian untuk diimplementasikan. Hal tersebut merupakan kunci sukses pertama yang menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 tutur Kepala Bidang PSMA Disdik Jabar, Yesa Sarwedi.

Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah, Mereka harus dapat/mampu dalam mengkoordinasikan, menggerakkan, dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan yang tersedia untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap, ujar Yesa.

Karena kepala sekolah merupakan leading sector disatuan pendidikan, sehingga keberhasilan satuan pendidikan tidak lepas dari peran kepala sekolah. Oleh karena itu sebagai kepala sekolah harus memiliki wawasan luas terkait dengan kemampuan. Salah satunya adalah kemampuan manajemen, yangmana kepala sekolah harus dapat mengelola kurikulum sebagai pedoman dalam menjalankan kepemimpinan disatuan pendidikan, nilai Yesa.

Dan penting juga disini adalah peran wakil kepala sekolah untuk urusan kurikulum dan guru mata pelajaran. Dalam upaya menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013, mereka harus dapat memahami, mengkaji dan menguasai pelaksanaan juga pengembangan kurikulum 2013. Mampu mengembangkan budaya sekolah, karena sekolah sebagai agen perubahan budaya yang perlu merumuskan rencana, strategi pengembangan, monitoring dan evaluasi pembangunan budaya sekolah, kata Yesa.

Selain itu wakasek kurikulum ikut pula membantu kepala sekolah untuk melaksanakan supervisi akademik, dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Lalu mengkoordinasikan pembuatan perangkat KBM (SAP/Silabus, program tahunan, program semester, RPP/modul). Dan perlu ditegaskan disini, kebijakan Pemerintah menerapkan Kurikulum 2013 tidak akan berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan apabila tidak didukung semua pihak, pungkas Yesa.

 

Eryanto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses