“Kajari Bungkam” Ada Apa Terpidana PETI Gusri Cs Belum Di Tahan?

“Kajari Bungkam” Ada Apa Terpidana PETI Gusri Cs Belum Di Tahan?
Ilustrasi Penjara dan Borgol Bagi Terpidana Kasus.

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.Com – Ada apa Terpidana atas kasus Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI ), Gusri Lewan Cs yang sudah dijatuhi hukuman penjara 1 tahun dan denda 10 juta oleh Majelis hakim pengadilan negeri kotamobagu, sampai saat ini masih bebas berkeliaran diluar?

Bahkan, Kejaksaan Negeri Kotamobagu ( Kajari) ketika di konfirmasi beberapa kali oleh wartawan Kamis (07/01/21), terkait persoalan tersebut, “Terkesan Bungkam?” atas belum ditahannya Gusri Cs.

Menariknya, Meskipun sudah di jatuhi hukuman penjara oleh pengadilan negeri kotamobagu atas perbuatan yang dilakukan oleh Gusri Cs. Namun, diduga kuat terpidana ( Gusri ) masih kembali beraktivitas PETI dilokasi yang sama.

Sontak saja hal ini menimbulkan pertanyaan besar,  Ada apa Terpidana Gusri Cs belum di tahan sementara sudah memperoleh kekuatan hukum tetap dan Ada apa Alasannya Terpidana PETI Masih bisa melakukan aktivitas PETI lagi dilokasi Potolo?

Menanggapi hal ini, Ketua LP2BM Ali Imran Aduka menilai, Ketika belum ditahannya beberapa terpidana atas kasus PETI Potolo, akan menimbulkan krisis kepercayaan atas penanganan hukum maupun kinerja aparat penegak hukum yang tebang pilih.

Lanjut Ali Aduka,Manakala putusan hukum belum dijalani. Sementara itu sudah inkra, Maka ini menandakan bahwa negeri ini lagi sakit? Dimana hukum belum bekerja sebagaimana mestinya,dan diduga Penegak hukumnya belum sempurna melaksanakan Tupoksi sebagaimana yang menjadi amanat Undang Undang.

Apa terlebih kata Aduka. Bersangkutan jelas jelas dijatuhi hukuman kurungan badan 1 tahun dan denda 10 juta berdasarkan putusan pengadilan pada tanggal 21 Oktober 2020 lalu.

” Putusan pengadilan inkra, Jika kemudian terpidananya bebas diluar dan belum di tahan di Rutan Kotamobagu? Maka proses eksekusinya di pertanyakan” Ujar Aduka.

Masih Aduka Menambahkan, Persoalan ini akan LP2BM Surati dan laporkan secara resmi ke Jamwas, untuk kemudian meminta Jamwas Kejagung segera memanggil dan memeriksa kajari kotamobagu Hadiyanto SH, atas persoalan Terpidana Gusri Cs yang belum ditahan di rumah tahanan ( Rutan ) Kotamobagu, sisi lain telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Tandas Ketua LP2BM Ali Imran Aduka Kamis (07/01/21). Seraya menambahkan bahwa Terpidana adalah seseorang yang dipidana berdasarkan putusan pengadilan, Maka seharusnya putusan pengadilan tersebut segera di jalankan, Jika belum, Maka sama halnya pembangkangan Atas kitab undang undang yang sudah di sebut.

Terpisah untuk Memastikan bahwa Terpidana Gusri Cs belum di tahan. Awak mediapun berusaha menelusuri dan menghubungi salah satu sumber kuat di Rumah Tahanan kotamobagu, di beberkannya bahwa sampai saat ini terpidana Gusri Cs belum berada di rutan kotamobagu.

” Belum masuk pak untuk terpidana Gusri Cs” Jawab Sumber saat di hubungi wartawan.

Sementara itu, Sampai berita ini naik tayang, Kajari kotamobagu Hadiyanto SH, belum menjawab konfirmasi wartawan.

Upaya konfirmasipun sudah dilakukan hingga ke dua kali. Baik melalui Via Tlp Maupun WhatsApp. Akan tetapi belum mendapatkan jawaban atas alasan kenapa belum di tahannya terpidana PETI Gusri Cs tersebut.

Redaksi Tabloidkontras.com memberikan ruang hak jawab bagi kajari kotamobagu untuk menanggapi atas persoalan kenapa Belum dilakukan penahananTerpidana PETI Gusri Cs di Rutan kotamobagu.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan