Kanal Youtube Pembelajaran Daring Resmi Diluncurkan Pemkot Depok

Kanal Youtube Pembelajaran Daring Resmi Diluncurkan Pemkot Depok
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat meresmikan Youtube channel 'Berlajar Bersama Disdik Kota Depok' di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin (18/01/21).

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Bertempat di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin (18/01/21), Wali Kota Depok Mohammad Idris secara resmi meluncurkan kanal Youtube pembelajaran dalam jaringan atau daring. Kanal yang diberi nama ‘Belajar Bersama Disdik Kota Depok’ ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

Wali Kota Depok mengatakan peluncur kanal Youtube tersebut menjadi yang pertama di Indonesia dengan melibatkan guru-guru se-Kota Depok.  “Saya meminta agar keberadaan kanal ini dapat disebarluaskan agar diketahui oleh masyarakat,” harapnya.

“Semoga bisa ditularkan ke seluruh Indonesia, sebab sepengetahuan saya ini yang pertama di Indonesia. Tolong dinarasikan dan disampaikan kepada kerabat-kerabat kita semua,” kata Idris.

Idris mengatakan, kanal Youtube ini memuat video-video pembelajaran bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Waktu penayangannya setiap Senin sampai Kamis pukul 07.45 -12.00 WIB, serta Jumat pukul 07.45-11.00 WIB,” ujarnya.

“Pembelajaran kita tetap berjalan dengan baik. Intinya masalah pemahaman terhadap pelajaran-pelajaran dan kejenuhan dari para siswa bisa terbantu dengan channel Youtube ini,” ujarnya.

Ia berharap, kehadiran kanal Youtube tersebut dapat bermanfaat bagi siswa di Kota Depok. “Selain itu, juga bisa meminimalisir kendala selama BDR berlangsung. Bisa dimanfaatkan tidak hanya di jam belajar, tapi dapat diulang kembali saat di luar jam belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP), Disdik Kota Depok, Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini persiapannya sudah memasuki tahap akhir. Kanal Youtube tersebut bakal dinonton lebih dari 1.000 partisipan ketika diluncurkan.

“Rinciannya, SD sekitar 400 partisipan, SMP 230-an, PAUD dan TK 1000 lebih. Artinya kita akan menyiapkan 1000 room lebih,” ujar Yusuf di aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Rabu (13/01/21).

Ia menuturkan, saluran Youtube Dinas Pendidikan Kota Depok merupakan hasil kerja sama dengan para guru dan Perangkat Daerah (PD). Dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan PJJ.

“Tidak hanya dari guru tapi bisa dari PD lain. Misalnya, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), kalau mereka punya konten yang bagus kita tayangkan, atau informasi kesehatan dari Dinas Kesehatan, juga bisa,” ujarnya.
Yusuf menilai, pembelajaran melalui saluran Youtube sebagai terobosan dan peningkatan kualitas Pebelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada semester genap. Selain itu, metode yang dilakukan Dinas Pendidikan ini, sebagai edukasi dan inovasi kepada masyarakat.

“Harapan chanel Youtube ini bisa lebih luas jangkauannya, bisa beragam lagi kontennya dan menjangkau lebih jauh,” tandasnya.

 

IK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan