Korwil GMPK Beberkan Banyak Oknum ASN Terlibat Politik Praktis.

Korwil GMPK Beberkan Banyak Oknum ASN Terlibat Politik Praktis.
Korwil GMPK BMR-Robby Manery.

BOLMONG,TABLOIDKONTRAS.Com – Kordinator Wilayah BMR Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi ( GMPK ) Robby Manery Membeberkan Pada Awak Media Sabtu (28/11/20) Sore tadi, Bahwa Telah menerima Laporan pengaduan dari Masyarakat, atas dugaan banyaknya Aparatur Sipil Negera ( ASN ) yang terlibat dalam politik praktis.

Bahkan Kata Robby, Ada oknum Kadis yang Blak blakan terlibat sebagai salah satu timses Paslon. Dimana bersangkutan menjadi Motor untuk menggerakan Para Oknum ASN yang lain.

” Sudah ada laporan yang masuk ke GMPK dan kami telah menyusun Tim Investigasi untuk secepatnya bergerak menyelidiki atas aduan masyarakat tersebut,” Ujar Robby Manery.

Dikatakan Robby, Dalam Laporan Di Sertai dengan data yang di sodorkan Salah satu masyarakat Tersebut, terkesan Oknum ASN tersebut tidak peduli dengan aturan-aturan yang justru akan merugikan bagi Oknum ASN itu sendiri. Sehingga ini perlu di tindaklanjut dengan melakukan imvestigasi lapangan untuk memastikan kebenaran atas yang di sampaikan oleh masyarakat.

” Pengaduan Sudah Kami Terima. Tetapi Untuk Memastikan Semua itu, GMPK sudah menurunkan tim investigasi untuk memonitor pergerakan Oknum ASN ini dan kemudian akan dijadikan data laporan nantinya dari GMPK,” Tegas Korwil Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi Wikayah BMR.

Masih Robby Manery Menjelaskan Dimana UU 5/2014 tentang ASN (Pasal 2 huruf d) dalam penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan atas asas netralitas yang dimaknai bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh atau kepentingan manapun.

Selanjutnya, di PP 42/2004 tentang kode etik PNS (pasal 6 huruf h), Nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh PNS meliputi: Profesionalisme, netralitas dan bermoral tinggi. Kemudian, SE MenPAN RB (Pasal 11 huruf c), PNS wajib menghindari konflik kepentingan pribadi, kelompok atau golongan.

Maka PNS dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis/berafiliasi dalam partai politik, misal:

  1. PNS dilarang melakukan pendekatan terhadap partai politik terkait rencana pengusulan dirinya maupun orang lain sebagai bakal calon kepala daerah.
  1. PNS dilarang memasang spanduk/baliho yang mempromosikan dirinya atau orang lain sebagai kepala daerah.
  1. PNS dilarang mengdeklarasikan dirinya sebagai bakal calon kepala daerah.
  1. PNS dilarang menghadiri deklarasi calon/bakal calon kepala daerah.
  1. PNS dilarang mengunggah, menanggapi (seperti, Like, komentar atau sejenisnya) atau menyebar luaskan gambar/foto bakal pasangan calon kepala daerah, visi misi, maupun keterkaitan lain melalui media online maupun media sosial.
  1. PNS dilarang melakukan foto bersama dengan bakal calon kepala daerah dengan mengikuti simbol tangan/gerakan yang digunakan sebagai bentuk keberpihakan.
  2. PNS dilarang menjadi pembicara/narasumber pada kegiatan pertemuan partai politik.

Oleh karena itu Kata Robby Manery, Dengan larangan-larangan diatas maka sangat jelas, bahwa ASN dilarang keras terlibat dalam politik praktis. Pungkas Robby Manery saat di temui oleh Awak media.

Perlu Di Ketahui Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara ( Sulut ), tidak lama lagi akan berlangsung.

9 desember 2020 ini menjadi momentum terbaik bagi rakyat sulut untuk menentukan dan memilih calon pemimpin berdasarkan Hati Nurani.

Dimana ada beberapa pasangan calon yang mengikuti kontestasi pilkada sulut. Diantaranya, Calon Gubernur dan Wakil Gubermur Nomor Urut Satu (1) Cristiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar ( CEP-SEHAN), selanjutnya Calon gubernur dan wakil Gubernur Nomor Urut dua (2) Vonny Anneke Panambunan dan Hendry Runtuwene ( VAP-HENDRY) dan Calon Gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga (3) Olly Dondokambey dan Steven EO Kandow ( ODSK ).

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan