Minimalisir Dampak Lingkungan, BLH Dan Kapolres Diminta Tinjau PETI Panang Kotabunan.

Minimalisir Dampak Lingkungan, BLH Dan Kapolres Diminta Tinjau PETI Panang Kotabunan.
PETI Panang Kecamatan Kotabunan ( Boltim)

BOLTIM,TABLOIDKONTRAS.com – Menimalisir Terjadinya Pembuangan limbah beracun B3 yang berakibat dampak pada lingkungan serta tercemarnya aliran air sungai, maka diminta Badan Lingkungan Hidup Untuk Meninjau Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI ) di lokasi panang kecamatan kotabunan ( Boltim).

Pasalnya selama lokasi pertambangan emas yang diduga ilegal tersebut beroperasi, hingga hari ini belum ada penindakan hukum yang terukur oleh pemerintah maupun aparat penegak hukum atas aktivitas PETI disana.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Ketua LP2BM Ali Imran Aduka, Senin (04/05/20). BLH Boltim diminta dapat melakukan peninjauan, Begitupun Kepolisian diharapkan mampu melihat berbagai aktivitas yang tidak berijin diwilayah kabupaten bolaang mongondow timur untuk di tindaklanjuti.

” Sebagai lembaga kontrol tentunya sebelum terjadi dampak, kami wajib mengingatkan, sehingga ada antisipasi pemerintah maupun kepolisian untuk kemudian dapat melihat, mengecek persoalan ini dan bisa di sikapi dengan cepat,” Ujar Aduka.

Dirinya mengatakan, Jika merujuk pada ketentuan legalstending yang memiliki payung hukum, kami fikir tidak ada masalah bila mengantongi ijin pertambangan, namun jika itu tidak di kantongi, lantas di biarkan maka siapa yang harus bertanggungjawab bila terjadi dampak pada aliran sungai dikemudian hari?

Seraya menambahkan, Kapolres boltim dapat melakukan penindakan yang terukur bagi oknum oknum yang melakukan aktivitas disana apa terlebih namanya lokasi pertambangan pasti menggunakan zat kimia sebagai bahan campuran pada material yang akan di olah.

Sayangnya baik Dinas Lingkungan Hidup Maupun Kapolres Boltim belum berhasil dimintai konfirmasi atas aktivitas yang diduga liar tersebut.

Perlu di ketahui juga bahwa lokasi Pertambangan Emas Tanpa Ijin Tepatnya berada di desa panang kecamatan kotabunan (Boltim) ini sudah cukup lama beroperasi.

Siliberganti oknum oknum pengusaha tambang disana begitu bebas melakukan aktivitas disana.Manakalah lokasi PETI tersebut belum tersentuh hukum, hal ini menjadi pertanyaan besar ada apa?.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses