Proyek Tanggul Dinas PMD Diduga Gagal Perencanaan

Proyek Tanggul  Dinas PMD Diduga Gagal Perencanaan
Proyek Dinas PMD

BOLTIM, TABLOIDKONTRAS.com – Direktur Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) Andy Riyadhi tuding proyek talud dengan anggaran RP. 376 juta lebih di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab. Bolaang Mongondow Timur (Boltim) gagal perencanaan.

Dimana sumber pembiayaanya dari APBD Kab. Boltim tahun anggaran 2019 yang dikerjakan CV. Pondabi, sehingga dalam istilah saya dimana kejar kepala ekor tergantung dan sebaliknya, kata Riyadhi.

Lanjutnya lagi, ini akibat gagalnya perencanaan yang tidak matang oleh konsultan perencana, dan dianggap copy paste, sehingga proyek tersebut dianggap gagal, ujarnya.

Sementara itu Kadis PMD Uyun Pangalima saat dikonfirmasi saat bersua diruang kerjanya Senin (21/10) terkait proyek tersebut mengatakan, bahwa proyek itu dimulai pengerjaanya sebelum saya masuk disini ( menjadi Kadis), sehingga konsultanya saya tidak tahu menahu, singkatnya.

Sementara itu ditempat terpisah pihak ketiga (kontraktor pelaksana) yang diketahui berinisial FM saat dikonfirmasi saat bersua di gedung DPRD Selasa (22/19) terkait proyek tersebut mengatakan kami melaksanakan proyek tersebut berdasarkan RAB, Spec dan BOQ.

Namun diakuinya bahwa dalam proses pengerjaan telah dimulai, pihak dari konsultan meminta agar gambar diubah (BOQ), agar nantinya proyek talud tersebut bisa rata dengan permukaan tanah diatasnya, namun permintaan dari konsultan tersebut saya tolak, ujar FM.

Lanjutnya lagi, penolakan itu dikarenakan proyek telah berjalan dengan fisik lebih dari 10%,, dan kalau saya ia kan permintaan dari konsultan maka biayanya sapa yang menanggung (ganti rugi), tandasnya.

 

(Rinto)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses