SIDAKEP-GTK, Upaya Disdik Jabar Olah Dan Petakan Data GTK SMA, SMK, Dan SLB

SIDAKEP-GTK, Upaya Disdik Jabar Olah Dan Petakan Data GTK SMA, SMK, Dan SLB
Kadisdik Jabar Dewi Sartika

BANDUNG, TABLOIDKONTRAS.com – Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Bidang GTK gelar kegiatan forum grup diskusi (fgd) mengenai sistem pendataan kepegawaian guru dan tenaga kependidikan (sidakep-gtk) beberapa waktu lalu di hotel Takashimaya Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hal itu terselenggara salah satunya untuk melaksanakan program pemetaan dan pengolahan data gtk SMA, SMK dan SLB tahun 2019.

Pendataan guru dan tenaga kependidikan (gtk) oleh Disdik Jabar sangat penting dilakukan dalam rangka keefektivan dan efisiensi manajemen dalam aspek sumberdaya manusia. Sehingga dalam pemetaan guru dan tenaga kependidikan melalui kebijakan dan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat dapat terukur dan tepat sasaran untuk penyebaranya di wilayah Jawa Barat. Hal tersebut sebagai salah satu upaya Disdik Jabar untuk pemerataan peningkatan mutu pendidikan di Jawa Barat.

Sidakep gtk merupakan alternatif penyimpanan data dengan berbasis elektronik, yang diharapkan dapat meminimalisir keterbatasan dan hambatan Disdik Jabar dalam mengelola data. Ada beberapa permasalahan yang menyangkut pendataan guru dan tenaga kependidikan di Jawa Barat diantaranya adalah lemahnya tingkat akurasi data gtk, dampak lemahnya pendataan terhadap proses rekruitmen gtk baru, jumlah gtk yang tidak sebanding dengan kebutuhan, perhitungan beban keuangan daerah yang besar karena masa pensiun pada sejumlah besar gtk dan penambahan tenaga honorer dan tindak penggembungan terhadap jumlahnya. Dengan adanya sistem pendataan kepegawaian (sidakep) gtk beberapa permasalahan tersebut dapat teratasi.

Didalam aktivitasnya Disdik Jabar, untuk menentukan kebutuhan gtk dan memastikan kestabilan dan produktivitas lingkungan bagi pegawai akan membangun dan memelihara sistem informasi guru dan tenaga kependidikan yang memuat pengumpulan data, penggunaan data, dan pemrosesan data sehingga pendataan kepegawaian guru dan tenaga kependidikan menjadi akurat serta tepat sasaran dalam membuat keputusan.

 

 

Eryanto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses