Tindak Lanjut Sprint Kapolda. Kapolres Bolmong Pimpin Penertiban PETI.

Tindak Lanjut Sprint Kapolda. Kapolres Bolmong Pimpin Penertiban PETI.
Kapolres Bolmong AKBP Dr.Nova I.Surentu SIK, SH,MH Ketika berada di salah satu lokasi PETI di Bolmong.

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.Com – Dipimpin kapolres bolmong AKBP. Dr. Nova Irene Surentu SIK, SH,MH, dalam rangka Menindaklanjuti Surat Perintah ( Sprint) Bapak Kapolda Sulut Irjen Pol Drs.Nana Sudjana, Lokasi  Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI ) di kawasan hutan lindung Nani Wartabone ditindak dan ditutup Pada Jumat (23/04/21) Kemarin.

Operasi penindakan PETI yang melibatkan beberapa satuan ini. Baik itu TNI, Sat Brimob, BKO Polda Sulut, Sat Pol PP, Balai TNBNW dan Personel gabungan Polres dan Polsek langsung menutup beberapa lokasi PETI, sekaligus dipasang spanduk himbauan untuk tidak ada lagi masyarakat yang melakukan aktivitas PETI dilokasi kawasan hutan lindung tersebut.

Sebelumnya dilakukan giat operasi PETI.  diawali dengan Apel bersama seluruh tim gabungan tepatnya di halaman kantor Mapolres Bolmong, 08.30 wita.

Selanjutnya tim gabungan langsung menuju lokasi kawasan hutan lindung untuk melakukan penindakan hukum yang terukur aats berbagai tambang liar yang berada disana.

Kapolres Bolmong AKBP Dr. NOVA I SURENTU, SH, MH sempat juga mengadakan pertemuan singkat degan kepala Desa, aparat dan tokoh masyarakat setempat untuk melakukan sosialisasi dan meminta dukungan pendampingan pada giat operasi.

Adapun 4 Poin yang ditekankan Ibu Kapolres pada Apel Kesiapan.Yakni :

1.Dalam pelaksanaan operasi PETI hanya ada satu komando untuk pengendalian yaitu dari saya selaku Kapolres.

2.Laksanakan tugas degan cara yang persuasif.

3.Hindari benturan/ bentrokan dengan warga.

4.Apabila ada hambatan atau perlawanan dari warga, agar segera dilaporkan dan pedomani Perkap No. 1 Thn 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian. Pungkas Kapolres bolmong.

Data yang berhasil dihimpun wartawan, Operasi di awali dari perbukitan batubetel perkebunan desa mopugad kecamatan Dumaoga Utara Bolmong (Termasuk Area Taman Nasional Bogani Nani Wartabone). Dilokasi tersebut di temukan 2 (dua) lobang galian emas, dan kemudian lobang emas itu langsung di perintahkan oleh kapolres untuk ditutup sekaligus di Policeline.

 

( Rafik/Lky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan