Travel Gelap Angkut Penumpang ke Depok Tanpa SIKM Diamankan

Travel Gelap Angkut Penumpang ke Depok Tanpa SIKM Diamankan
Check point pelaksanaan PSBB di Kota Depok.

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Sebanyak 8 unit travel gelap dan kendaraan pribadi diamankan di Depok, Jawa Barat. Travel tersebut kedapatan membawa puluhan penumpang mudik yang kembali ke Depok tanpa dilengkapi surat izin keluar-masuk (SIKM). Hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Erwin Aras Genda dalam keterangannya, Minggu (31/5).

Ia mengatakan, ada 33 penumpang yang kami amankan dari 8 travel gelap maupun kendaraan pribadi yang tidak dilengkapi SIKM. “Puluhan pemudik itu tertangkap dalam operasi Patroli Biru yang digelar bersama tim gabungan Satlantas Polres Depok, Kadishub Depok, dan Kasatpol PP Depok. Travel tersebut diamankan di kawasan Cimanggis dan perbatasan Depok dengan Bogor,” ungkapnya.

Erwin menuturkan patroli anggota polisi dibagi tim yang ditempatkan di wilayah Utara, Timur, Selatan, dan Barat Kota Depok. Dari wilayah-wilayah tersebut tim patroli berhasil mengamankan sejumlah travelgelap.
Erwin mengatakan para sopir travel ditilang, sedangkan penumpangnya dikembalikan. “Ditilang dengan Pasal 308 jo Pasal 173 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujar Erwin.

“Patroli Biru Beat Sat Lantas Polrestro Depok di bagian utara mendapati 1 unit travel berpelat H-8725-HY yang mengangkut 7 penumpang,” katanya.

Sedangkan anggota patroli yang bertugas di bagian Timur Depok berhasil mengamankan 3 travel dan 1 mobil pribadi. Total dari kendaraan yang diamankan diketahui berpenumpang sebanyak 20 orang.

Sementara itu, Patroli Biru Beat di Selatan telah memutarbalikkan 2 bus dan 14 minibus. Tak hanya memutarbalikkan kendaraan, 1 unit angkutan umum juga ditindak polisi karena membawa 8 penumpang dengan tujuan trayek ke Ciampea.

Titik terakhir patroli berada di wilayah selatan Kota Depok. Dari sini, polisi menindak 2 travel gelap yang kedapatan membawa 4 penumpang.

Erwin pun mengatakan, sebelumnya petugas melaksanakan patroli gabungan untuk mencegah arus balik pemudik yang kembali ke Depok, Jawa Barat. Selama dua hari terakhir Kamis (28/5) dan Jumat (29/5), petugas gabungan telah menghalau seratusan pemudik yang kembali ke Kota Depok.
“Kalau untuk penumpangnya ada sekitar 100-an,” katanya.

Ia mengatakan, para pemudik yang kembali ke Depok itu dipulangkan ke arah Bogor dengan angkutan umum. Mereka dipulangkan karena tidak mengantongi surat izin keluar -masuk (SIKM). “Ada beberapa yang memenuhi persyaratan, seperti SIKM kita loloskan, karena kan peraturannya seperti itu,” katanya.

Erwin menambahkan, seratusan pemudik itu datang ke Depok dengan menggunakan mobil travel. Mereka datang dari Kuningan, Jawa Barat.
“Untuk sopir angkutan kita tilang sesuai Pasal 308 jo 173 Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena tidak memiliki izin trayek mengangkut penumpang,” jelasnya.

Di Kota Depok sendiri memiliki 20 pos check point untuk mengawasi arus balik dan juga penerapan PSBB. Pengawasan arus balik diperketat lagi dengan adanya patroli biru yang merupakan patroli gabungan Satlantas Depok, Dishub Depok dan Satpol PP Kota

Menurutnya, selama tiga hari dilakukan patroli biru dengan jumlah personil gabungan sebanyak 36 anggota,  sudah berhasil memutar balik 200 kendaraan pribadi.

 

IK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses