3 Rumah Warga WKO di Halut Terbakar Hingga ludes

3 Rumah Warga WKO di Halut Terbakar Hingga ludes
Api melalalap rumah begitu cepat, hingga tidak terselamatkan

HALUT, TABLOIDKONTRAS.com – Peristiwa kebakaran rumah di Desa WKO Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Kamis (19/01/2023) Pukul 19.45 Wi, yang menghanguskan 3 rumah warg.

Kasi Humas Polres Halut, Iptu Colombus Guduru mengatakan, menurut keterangan saksi Yudit Moot (35) saat terjadinya kebakaran, ia di panggil dan sementara berada dalam rumahnya di depan yang berdekatan dengan rumah orang tua, untuk Minta pertolongan, tapi saat itu rumah milik orang tua yudi sudah terbakar dengan kodisi api sudah membesar

“Yudit langsung keluar melihat rumah orang tua yang sudah dalam keadaan terbakar, karena melihat api yang sudah membesar Ia langsung memaggil anak- anak keluar  mengungsi karena suaminya sementara ada diluar mengfotocopy  berkas – berkas. saat orang tua yudi sudah dalam keadaan mabuk,” jelasnya, Jumat (20/01/2023).

Sementara, menurut keterangan dari Rudi Hormati (suami Yudit Moot) mengatakan, Pada saat kebakaran Ia sedang Berada di luar untuk fotocopy berkas-berkas, setelah itu Rudi mendapat telepon dari istri.

“rumah Kami sudah terbakar dan awalanya mula api tersebut dari rumah mertua saya tepat di belakang rumah kami,” jelasnya.

Selain itu, Matheos Tomasoa(saksi) juga mengatakan  awal mula kejadian dimana saat itu Martinus dalam kondisi mabuk hendak kembali dari desa MKCM menuju rumah di Desa WKO,  setiba di rumah Martinus langsung  ke kamar untuk beristirahat, sambil mengisap sebatang rokok.

“tidak berselang lama sekitar pukul 19.45 Wit Martinus melihat ada kobaran api di bagian tempat tidur,
tampa menunggublama Martinus berusaha memadamkan api tersebut akan tetapi api semakin membesar. karena tidak mampu memadamkam api tersebut Ia langsung keluar untuk meminta pertolongan warga,” jelasnya.

Mendengar teriakan minta tolong,  warga sekitar TKP langsung berdatangan membantu memadamkan api tersebut, karena Rumah terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar sehingga api cepat membesar.

“saat terjadi kebakaran disertai dengan angin sehingga api merembet ke rumah Rudi Hormati karena ada sebuah AC sehingga api mengenai Freon AC dan api semakin membesar dan merembet ke Rumah Milik Yonstan Bawues,” jelas Kasi Humas Polres.

Setelah menerima laporan masyarakat Kebakaran anggota Polres Halut langsung menuju lokasi kebakaran, dan dibantu Polsek Tobelo bersama dengan Instansi Terkait, Tni, Satpol PP Halut, BPBD, Unit Damkar serta Warga Masyarakat sekitar membantu memadamkan api.

“Saat ini pihak Sat Reksrim Polres Halut masih melakukan Penyelidikan terkait penyebab terjadinya Kebakaran dan kerugian yang di tafsir akibat kebakaran ratusan juta rupiah,” ucapnya.

 

(Willy)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan