Bolmong Sudah Ada Produksi Tali Rumpon Penangkap Ikan, Karya Anak Totabuan.

Bolmong Sudah Ada Produksi Tali Rumpon Penangkap Ikan, Karya Anak Totabuan.
Karya Anak Totabuan ( Bolmong ) Berhasil Memproduksi Tali Rumpon Penangkap Ikan.

BOLMONG,TABLOIDKONTRAS.Com – Luar biasa, Tak hanya di pulau jawa yang bisa membuat dan memproduksi tali rumpon. Tali yang dijadikan alat bantu penting dalam proses menangkap ikan.

Melainkan khusus di wilayah daerah lumbung  beras. Yaitu, di Kabupaten Bolaang Mongondow (red:Bolmong) Sulawesi Utara ( Sulut) sudah ada (Memproduksi) dan telah di pasarkan di luar daerah Sulawesi Utara ( Sulut ) juga, seperti Ternate dan tobelo serta beberapa daerah lainnya.

Tali Rumpon ini diketahui Tali yang biasa dijadikan sebagai alat bantu penangkapan ikan dilaut dengan pendapatan yang bisa di bilang cukup menjajikan bagi para nelayan kecil maupun pengusaha nelayan kapal ikan besar.

Begitupun yang awalnya untuk mendapatkan tali rumpun penangkap ikan ini bisa dikata begitu susah, karena setiap nelayan di sulut harus memesan atau membeli di pulau jawa, Kini hal itu tidak sulit lagi, sebab di Desa Lolak-Kecamatan Lolak (red:Bolmong) sudah Ada yang membuat dan memproduksi Tali Rumpon penangkap ikan, dari hasil karya anak totabuan sendiri yang bernaung dalam koperasi. Demikian hal itu dikatakan Hambali Singkona Selasa (16/11/21) yang diketahui juga bersangkutan bergerak di bidang usaha penangkap ikan di BMR.

Dikatakan Hambali, Salah satu cara untuk mengurangi kegiatan penangkapan ikan yang merusak habitat ikan lainnya, yaitu perlu dilakukan upaya penanggulangan dengan cara menggunakan Tali rumpon yang terbuat dari rafia dan hasilnya cukup bagus bagi para nelayan maupun pengusaha yang bergerak dibidang kelautan.

Lebih lanjut kata Hambali, Pembuatan Tali rumpon ikan sebenarnya adalah salah satu cara untuk mengumpulkan ikan, dengan membentuk kondisi dasar laut menjadi mirip dengan kondisi habitat ikan.

Menggunakan rumpon merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan hasil produksi penangkapan ikan di laut. Fungsi tali rumpon sebagai alat bantu dalam menangkap ikan antara lain, sebagai tempat berkumpulnya ikan dan sebagai tempat berlindung jenis ikan tertentu dari serangan ikan predator. Olehnya Tali rumpon dijadikan alat bantu pemikat ikan pada proses penangkapan ikan dilaut dengan cara sederhana. Jelasnya.

Menariknya, Tali Rumpon Penangkap Ikan dilaut ini, biasanya dibeli oleh para nelayan di pulau jawa, tentunya membutuhkan waktu  pengiriman melalui metode pemesanan, baru kemudian barang (Tali Rumpon) tersebut akan dikirim ke daerah. Sehingga disini kami menyampaikan sekaligus menawarkan kepada masyarakat yang bergerak dibidang kelautan bahwa di Bolmong sudah ada produksi Tali Rumpon dan setiap saat ready untuk semua wilayah sulut maupun luar sulut. Jadi siapa saja yang ingin memesan berdasarkan kebutuhan penangkapan ikan dilaut, KOPERASI TOTABUAN BAHARI Lolak, memiliki stok produksi tidak terbatas. Ujar Hambali.

Disinggung alasan apa sehingga terpikir untuk menemukan ide untuk membuat langsung tali rumpon tersebut, Hambali mengatakan bahwa kakeknya dulu sebagai pembuat tali tapi metode pembuatannya belum secanggih saat ini. Disitulah saya belajar dan mengaktualisasikan dilapangan hingga akhirnya kami selaku anak Totabuan yang bernaung dalam koperasi bisa membuat serta memproduksi tali Rumpon Penangkap Ikan ini.

Hambali juga menambahkan, Kualitas Tali rumpon bisa bertahan di air laut 4 sampai 5 tahun. Sehingga mamfaat penggunaannya cukup lama.

 

(Donny). 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan