Diminta Bupati dan Kapolres Tindak Tegas Tambang Emas Ilegal Di Boltim.

Diminta Bupati dan Kapolres Tindak Tegas Tambang Emas Ilegal Di Boltim.
Alat Berat Excavator di Tambang Ilegal Di Boltim dan Bak Rendaman Pemurnian Emas.

BOLTIM,TABLOIDKONTRAS.Com – Aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin ( PETI) diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim ) yang menggunakan alat berat excavator, hingga saat ini masih terus melakukan kegiatan pertambangan ilegal.

Padahal Surat pencabutan izin usaha KUD Nomontang telah diterbitkan oleh Menteri Investasi/BKPM Pusat,  dengan Nomor T-9/MB.03/MEM.B/2022 Tanggal 6 Januari 2022. Tapi anehnya, kegiatan pertambangan emas dilokasi tersebut tak hentinya melakukan pengarukan matrial dan terdapat juga bak rendaman pemurnian emas berskala besar.

Bahkan di beberapa lokasi lainnya juga, seperti Lokasi Talugon aktivitas yang sama terus berlangsung. Ada kesan bahwa penegakan hukum diwilayah tersebut mati suri dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian hal ini dikatakan oleh Anggota Devisi LP2KP-Wahyudi Batalipu, Jumat 5 Agustus 2022 siang tadi.

“Sejumlah oknum penambang dengan menggunakan alat berat masih terus melakukan aktivitas PETI dan terdapat bak rendaman pemurnian emas berukuran besar di beberapa lokasi di Boltim” ujarnya.

Padahal kata Batalipu, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, sudah menghimbau kepada para pelaku usaha yang tergabung dalam IUP KUD Nomontang maupun lokasi PETI lainnya, agar menghentikan kegiatan di lokasi yang dimaksud.

“Selaku lembaga kami menilai oknum pelaku usaha tambang emas ilegal disana, terkesan tidak menggubris atas himbauan yang disampaikan, dan sengaja tetap melakukan aktivitas ilegal, baik itu dilakukan di siang hari maupun malam pada hari,” ucap Batalipu.

Wahyudi Batalipu berharap, kiranya Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kapolres Boltim, dapat melakukan penindakan yang terukur serta tangkap oknum pelaku PETI yang masih bertahan bermain di pusaran ilegal mining yang jelas jelas melanggar.

Seraya menambahkan, adanya Indikasi kuat keterlibatan oknum ASN Kementrian inisial FS, yang kuat dugaan turut melakukan kegiatan tambang emas ilegal. Tandas Anggota Devisi Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah ( LP2KP ) Wahyudi Batalipu.

Sementara itu, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, sampai berita ini naik tayang, belum menjawab konfirmasi dari awak media

Beberapa kali awak media mengirim pesan WhatsApp konfirmasi, akan tetapi upaya konfirmasi belum di respon, pun begitu ketika di susul melalui via tlp, belum juga di tanggapi.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan