Dugaan Korupsi Rutilahu Bolmong Dilimpahkan Ke Pidsus. Meydi: Dilanjutkan Pemanggilan Saksi.

Dugaan Korupsi Rutilahu Bolmong Dilimpahkan Ke Pidsus. Meydi: Dilanjutkan Pemanggilan Saksi.
Ilustrasi Korupsi Dana Bantuan Ke Masyarakat Miskin.

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.Com – Dibawah Kepemimpinan Kajari Allwin Agustian Khahar SH.MH, kejaksaan negeri Kotamobagu terus menseriusi berbagai dugaan kasus korupsi tunggakan dari pejabat sebelumnya yang belum tuntas.

Seperti halnya dugaan kasus korupsi Rutilahu maupun kegiatan Dana Desa di salah satu Desa diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong) yang saat ini diketahui sudah dalam pengembangan dan penyelidikan oleh Kasi Pidsus Kajari Kotamobagu.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kasi Intel Kajari Kotamobagu Meydi Wensen SH, ketika dihubungi oleh awak media Rabu 8 Juni 2022 siang tadi.

Meydi Wensen mengatakan, Berkaitan dengan perkembangan penyelidikan atas dugaan kasus Rutilahu Bolmong Tahun 2019, itu sudah dalam proses pendalaman lebih jauh dan saat ini telah dilimpahkan dan ditangani oleh Kasi Pidsus kejaksaan Negeri Kotamobagu.

” Saya sudah serahkan ke Kasi Pidsus dan selanjutnya akan dilakukan pemanggilan kembali kepada pihak-pihak yang terkait pada kegiatan itu untuk dimintai keterangan lagi,”Tegas Kasi Intel Meydi Wensen Menjawab konfirmasi.

Dijelaskannya, Dimana dugaan kasus Korupsi Rutilahu 2019 ini masih tunggakan dari oleh pejabat sebelumnya’ yang belum rampung, sehingga kami pun tinggal meneruskan dan mendalami lagi apa-apa kekurangan atau tambahan yang harus dilengkapi kembali dalam proses pengembangan masalah ini.

” Penanganan Kasus ini diseriusi dan sudah diserahkan ke Pidsus Kajari untuk selanjutnya dilakukan pemanggilan saksi-saksi untuk melengkapi keterangan sebelumnya,” tandas Meydi Wensen SH, mengkahiri keterangan konfirmasi.

Sementara itu, Direktur Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) Andy Riadhy menanggapi hal tersebut, menurutnya ini sebuah  langka maju dalam sebuah proses penegakan supremasi hukum ditanah totabuan.

” Kami Apresiasi langkah cepat kejaksaan di dalam menangani setiap dugaan kasus korupsi yang menunggak sebelumnya” Kata Andy.

Lebih lanjut andy menambahkan, Pihak-pihak yang terindikasi terlibat dapat secepatnya ditetapkan tersangka. Sebab, terkait anggaran bantuan itu sumbernya langsung dari kementrian sosial ( Kemensos RI ) sehingga perlu di seriusi siapa-siapa aktor yang bertanggungjawab pada kegiatan itu.

” Langkah Kejaksaan dalam penegakan hukum seperti ini yang diharapkan oleh masyarakat. apa terlebih berkaitan dengan tunggakan perkara kasus yang belum tuntas di zaman pejabat lama, dan kemudian diteruskan untuk diselesaikan, Suport untuk kejaksaan Kotamobagu,” pungkas Direktur LAKRI Andy Riady.

Perlu diketahui Anggaran Rutilahu Bolmong ini bersumber dari bantuan Kementrian Sosial Republik Indonesia ( Kemensos RI) tahun 2019 dengan pagu anggaran bantuan sebesar Rp 750 juta rupiah.

Bantuan Kemensos RI tersebut diperuntukan untuk 2 Kecamatan Yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong).antara lain, Kecamatan Lolak dan Kecamatan Bolaang.

Untuk Kecamatan Lolak Meliputi Desa Lolak, Desa Motabang dan Desa Mongkoinit. dan Untuk Kecamatan Bolaang yakni, Desa Lolan, Desa Tadoy, Desa Bolaang dan beberapa Desa Lainnya.

Pun begitu, beberapa oknum yang  bertanggungjawab pada kegiatan itu sudah perna dipanggil dan dimintai keterangan. Diantaranya, Kepala Dinas Sosial Bolmong Inisial AHB dan Pihak Ke tiga ( Pelaksana) inisial JS selaku Perusahan yang menangani pembangunan bantuan Rutilahu tersebut.

Berharap penanganan penyelidikan atas dugaan kasus Rutilahu Bolmong ini bisa tuntas dan siapa-siapa oknum yang terlibat dalam kegiatan itu bisa diproses berdasarkan ketentuan aturan yang berlaku.

 

(Lucky Lasabuda).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan