FKIP UNS Gelar Workshop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah

FKIP UNS Gelar Workshop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah
Para pembicara dalam workshop penyusunan portofolio mata kuliah.

SOLO, TABLOIDKONTRAS.com – Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Portofolio Mata Kuliah.

Acara ini di gelar di UNS Ini pada Senin (28/03/2022) yang dihadiri para Dosen Magister Pendidikan Sains FKIP UNS yang dipandu langsung Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si, selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Pendidikan Sains.

Dr. Sarwanto menjelaskan, mengenai implementasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ke dalam instrumen penilaian maupun evaluasi. “Selama ini, portofolio dilakukan selama dua semester dapat dipergunakan sebagai evaluasi program studi” ujarnya

Portofolio ini harus mengacu pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Setelah itu, tahapan pada penilaian seperti apa. Selanjutnya, ia menjelaskan, rubrik penilaian harus sesuai dengan mata kuliah dan pelaksanaan dari pembelajaran.

Instrumen Penilaian

Dari hasil perkuliahan yang sudah berjalan, dosen membuat instrumen penilaian dan mengimplementasikan penilaian mahasiswa yang dilaporkan kepada prodi. Lebih lanjut, Dr. Sri Yamitinah, Kaprodi Magister Pendidikan Sains menerangkan,  hasil penilaian mahasiswa diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi Prodi.

Untuk  meningkatkan kualitas layanan dan keilmuan. Ia juga menjelaskan mengenai penilaian dalam presentasi makalah bagi mahasiswa. “Penilaian dalam presentasi makalah bagi mahasiswa harus memenuhi beberapa indikator” katanya

Misalnya, indikator kuantitas respons mahasiswa, mengidentifikasi masalah, memberikan penjelasan ,dan mengusulkan solusi. “Sedangkan penilaian proyek menyusun makalah bagi mahasiswa juga memiliki indikator kualitas judul, kualitas isi, tata tulis, dan daftar Pustaka,” terang Dr. Sri.

Acara Lokakarya Penyusunan Portofolio Mata Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Sains ini dimeriahkan dengan produk penilaian mahasiswa sesuai CPL. Selanjutnya, terdapat acara foto bersama peserta dan ditutup oleh Kaprodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS.

 

(Hong)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan