Hidupkan Tradisi Kebudayaan Lewat Lebaran Depok 2021

Hidupkan Tradisi Kebudayaan Lewat Lebaran Depok 2021
Ketua Panitia Lebaran Depok, H. Maksum saat memberikan sambutan pada pembukaan Lebaran Depok tahun 2021.

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Pemerintah Kota Depok bersama Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) menggelar kegiatan Lebaran Depok dengan tema Nyorog ke Baba Wali Kota dan Cang Wakil Wali Kota yang dilaksanakan sebagai upaya melestarikan tradisi dan budaya masyarakat Kota Depok menjelang akhir bulan Syawal dengan mengunjungi Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Balai Kota Depok, Kamis (10/06/2021).

Rantangan yang dibawa merupakan makanan khas Depok di antaranya, semur dan opor ayam kampung, sayur cabai, wajik, geplak, serta dodol khas Depok. Makanan tersebut diserahkan kepada Baba Wali Kota Depok yang selanjutnya disantap bersama-sama dalam gelaran Lebaran Depok Tahun 2021.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengucapkan terima kasih kepada KOOD yang sudah menggelar acara Lebaran Depok 2021. Melalui kegiatan itu, ucapnya, dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni dan kebudayaan tradisi Kota Depok zaman dulu.

“Alhamdulillah melalui Lebaran Depok ini budaya dan tradisi dapat terus dikenal dan diingat oleh masyarakat,” tuturnya usai acara di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Kamis (10/6).

Dikatakan Mohammad Idris, pihaknya akan terus mendukung program dan kegiatan yang diusung oleh KOOD dalam meningkatkan nilai seni dan budaya di Kota Depok. Tentu juga ikut mendorong legalitas formal dan badan hukumnya agar ke depan dapat terus bermitra dengan pemerintah dalam pembangunan di Kota Depok.

“Semoga ke depannya banyak program dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan aspek kebudayaan, sehingga kontribusi yang dilakukan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah,” tandasnya.

Ketua Panitia Lebaran Depok, Maksum mengatakan, melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin melestarikan tradisi dan kebudayaan Depok kepada masyarakat. Salah satunya dengan cara silaturahmi dan membawa sejumlah makanan tradisional yang dibuat sendiri ke pimpinan Kota Depok.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk mengenal budaya Depok dengan silaturahmi dan membawa makanan buatan sendiri sebagai bentuk penghormatan kepada Baba Wali Kota dan Cang Wakil Wali Kota sesuai anjuran baginda Rasulullah SAW,” tuturnya saat memberikan sambutan
melalui chanel youtube KOOD Chanel dan Pemkot Depok, Kamis (10/6).

Menurutnya, melalui kegiatan Lebaran Depok tersebut pihaknya ingin berkontribusi dalam pembangunan di Kota Depok. Tentunya dalam bidang kebudayaan agar masyarakat Depok dapat turut serta melestarikan dan menjalankan kebiasaan yang mulai terkikis.

“Semoga dengan kontribusi yang kami lakukan ini, kebudayaan di Kota Depok lebih maju dan dikenal luas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Wijayanto menyampaikan banyak terima kasih atas kontribusi KOOD dalam membantu melestarikan kebudayaan zaman dulu. Kegiatan ini merupakan salah satu peningkatan aspek kebudayaan yaitu karakter bangsa dan leluhur.

“Budaya menjadi salah satu visi dan misi di Kota Depok. Mudah-mudahan upaya yang dilakukan ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah,” tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida), Kepala Perangkat Daerah, serta Tokoh Masyarakat Kota Depok.

Kegiatan tersebut dilakukan secara virtual dan tatap muka yang menerapkan protokol kesehatan (protkes) dengan menghadirkan sesepuh Kota Depok serta perwakilan KOOD di setiap wilayah.

 

IK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan