Kapolda Sulut Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Baru (Diktukba) TA 2021.

Kapolda Sulut Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Baru (Diktukba) TA 2021.
Kapolda Berpesan, Bahwa Kompensi para bintara baru sangat menentukan wajah dari pelayanan polri

MANADO,TABLOIDKONTRAS.com – Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara ( Diktukba) Polri TA 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda, Dibuka langsung oleh Kapolda Sulawesi Utara ( Sulut ) Irjen Pol Nana Sudjana, Senin (26/07/21).

Kegiatan Diktukba tersebut, dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, beberapa PJU Polda dan perwakilan Ibu Bhayangkari, dengan tetap menerapkan prorokol kesehatan ( Prokes) covid-19.

Pembukaan Diktukba Polri ini juga dilaksanakan serentak di 36 Satdik Polri, yang terdiri dari 31 SPN di seluruh Indonesia, Sepolwan, Pusdik Brimob, Sabhara, Binmas, dan Pol Air.

Pembukaan pendidikan ini juga di awali dengan ditandai dengan pernyataan pembukaan pendidikan dan dilanjutkan dengan penyematan tanda pangkat siswa kepada perwakilan siswa.

Begitupun SPN Polda Sulut mendidik siswa Diktukba Polri sebanyak 300 orang, dengan perincian 255 siswa pengiriman Polda Sulut dan 45 siswa pengiriman Mabes Polri.

Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana Dalam Sambutannya Menyampaikan, Kompetensi para Bintara Polri sangat menentukan wajah dari pelayanan Polri, karena 75% komposisi personel Polri terdiri atas para Bintara yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini merupakan suatu kebahagiaan karena setelah kurang lebih 3,5 bulan mengikuti proses seleksi dan hari ini bisa mengikuti pendidikan bintara,” Ucap Kapolda.

Lebih lanjut Kata Kapolda, Diktukba tahun ini secara khusus untuk pertama kalinya akan diterapkan penguatan kurikulum baru yang telah diresmikan oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada peringatan Hari Bhayangkara ke-75, tanggal 1 Juli yang lalu, yang diberi nama kurikulum Presisi.

“Secara khusus, tahun ini diselenggarakan secara bersamaan pendidikan reguler dengan sumber pembiayaan APBN dan pendidikan hibah dengan sumber pembiayaan dari APBD. Terdapat 10.650 Serdik Reguler dan 4.636 Serdik dari sumber hibah yang berasal dari Propinsi Papua, Papua Barat, Kalsel, Sumsel, Babel dan Jatim, sehingga jumlahnya menjadi 15.286 Serdik, yang terdiri dari 14.609 pria dan 677 wanita yang akan berlangsung selama 5 (lima) bulan kedepan,”

Menurut Kapolda, Untuk tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, seleksi Penerimaan Polri di Polda Sulut dilaksanakan sekali untuk 2 gelombang pendidikan. Yaitu, periode Juli 2021 dan gelombang ke dua Februari 2022.

” Pendidikan kali ini akan dipadatkan menjadi 5 bulan, yang sebelumnya 7 bulan pendidikan, dan dalam situasi pandemi saat ini, Tentunya akan memaksimalkan siswa untuk disiplin protokol kesehatan, dan menyatukan tempat pendidikan maupun tempat tinggal para siswa,” Ujar Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana.

Dalam pantauan Wartawan, usai upacara pembukaan, dilanjutkan dengan tradisi penyiraman air kembang oleh Kapolda Sulut dan Bhayangkari Sulut Ny. Shinta Nana Sudjana, didampingi Kepala SPN Polda Sulut Kombes Pol Sucahyo Hadi.

 

(Donny).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan