Kapolres: Segera Ditindak. Sudah 8 Kasus PETI Telah Ada Putusan Inkrah Pengadilan.

Kapolres: Segera Ditindak. Sudah 8 Kasus PETI Telah Ada Putusan Inkrah Pengadilan.
Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.com – Adanya desakan keras dari LSM.Yakni,  Lembaga Pemantau Pemerintah Bolaang Mongondow ( LP2BM ) Ali Imran Aduka, terkait Pertambangan Emas Tanpa Ijin  PETI ) di Kecamatan Lolayan ( Bolmong-red), Ditanggapi Oleh Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK, Dirinya Menegaskan Lapor ke Tipiter reskrim dan segera ditindaklanjuti, karena sudah 8 kasus PETI telah di proses serta sudah ada putusan inkranya.

Menurut Kapolres, Penindakan hukum yang terukur telah dilakukan maupun himbauan kepada masyarakat Yaitu desa mopusi dan desa tanoyan melalui papa pengumuman agar jangan melakukan aktivitas ilegal mining dan mari menjaga kelestarian alam lingkungan agar tetap terjaga.

” Penegakan hukum bukan satu satunya cara, Polres kotamobagu sudah berupaya sekuat tenaga dan beberapa pelaku PETI sudah mendapat putusan inkrah pengadilan,” Tegas Kapolres

Dikatakan Kapolres, Lebih baik lokasi tersebut di suport untuk kemudian pemerintah bisa mengeluarkan ijin legal, Bukan hanya ke penegakan hukum saja.

Polres Kotamobagu telah berhasil pidanakan Sebanyak 8 kasus dan 28 orang pelaku Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI ), Para pelaku Peti ini merupakan hasil penegakkan hukum Sat Reskrim Polres Kotamobagu sejak tahun 2020 hingga tahun 2021.

” Kami bersama TNI dan Pemkab Bolmong terus menerus berupaya menghimbau masyarakat agar menjaga kelestarian lingkungan, mengingat pertambangan Ilegal sangat membahayakan diri sendiri, serta Alam lingkungan merupakan warisan anak cucu yang wajib harus dijaga kelestariannya,” Ucap Kapolres.

Seraya Menghinbau, Masyarakat dapat mematuhi Undang-undang yang berlaku, mengingat para pelaku Pertambangan Emas Tanpa Ijin, jika terbukti dapat diancam dengan penjara 10 tahun serta denda paling banyak 10 miliar sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba. Imbau Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK. Sabtu (28/08/21).

Perlu diketahui bahwa lokasi Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI ) yang berada di kecamatan lolayan ( Bolmong) sudah cukup lama berjalan, bisa dibilang aktivitas kegiatan yang berlangsung disana sudah sekian tahun telah dilarang oleh pemerintah maupun Aparat Kepolisian ( APH ) tapi menariknya, walaupun sudah beberapa yang di jebloskan ke dalam penjara, tetap saja oknum cukong tidak perna kapok melakukan perusakan hutan serta bukan berhenti atau berkurang perambahan hutan dengan menggunajan alat berat excavatir, melainkan makin menggurita.

Seperti lokasi PETI Potolo, Rumagit dan Sondana. Siliberganti oknum pemodal masuk untuk berjudi nasib di lokasi tersebut. Tak tanggung-tanggung hutan yang seharusnya dijaga kelestariannya, makin hari terus digerus hinggah menyebabkan kegundulan lahan yang dapat menyebabkan bencana di kemudian hari.

 

(Lucky Lasabuda).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan