Maraknya Ilegal Mining Di Boltim. Bupati: Kalau Sudah Ditutup, dan Ada Aktivitas, Berarti Ilegal.

Maraknya Ilegal Mining Di Boltim. Bupati: Kalau Sudah Ditutup, dan Ada Aktivitas, Berarti Ilegal.
Bupati Boltim Bapak Sachrul Mamonto

BOLTIM,TABLOIDKONTRAS.Com – Maraknya sorotan dari berbagai LSM maupun awak media atas lemahnya penindakan dari Pemerintah dan APH, terkait aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ), tepatnya diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Kab-Boltim ), ditanggapi oleh Bupati Boltim Bapak Sachrul Mamonto.

Dikatakan Bupati Boltim, Penindakan untuk ilegal mining adalah kewenangan pihak kepolisian, dan aparat yang berwewenang lainya, langkah pemda hanya sampai di koordinasi dengan kepolisian.

“Urusan penindakan adalah kewenangan Aparat Penegak Hukum ( APH), sudah ditutup, lantas masih melakukan aktivitas, berarti ilegal,” Tegas Bupati Boltim pada awak media Jumat 5 Agustus 2022.

Lebih lanjut ucap Bupati, Dirinya bersyukur dan berterimakasih kepada LSM maupun media dengan memberikan info-info seperti ini, maka sudah berkontribusi dalam menjaga dan melindungi boltim kita tercinta.

“Terimakasih sudah memperhatikan Boltim maupun Parawisatanya dan ikut menjaga boltim kita tercinta,” ujar Bupati Boltim Sachrul Mamonto, Juga mantan Jurnalis Senior BMR.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Sachrul Mamonto, sampai saat ini terus menerus melakukan pengembangan kawasan parawisata di wilayah Boltim. Termasuk lokasi-lokasi X Tambang sempat beredar kabar, bakal dibuat kawasan parawisata.

Tentunya langkah pemerintah ini cukup baik dan patut di dukung, dengan sama-sama menjaga kelestarian alam pegunungan agar tetap terjaga serta tidak dirusak oleh oknum-oknum pelaku ilegal mining.

Apa lagi, berdasarkan data yang di dapat oleh awak media, kuat dugaan oknum pelaku ilegal mining di boltim, banyak di huni oleh oknum pengusaha luar daerah, yang hanya datang melakukan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dengan menggunakan alat berat, sisi lain dampak kerusakan lingkungan yang terjadi serta potensi bencana kedepan tidak ada yang mampu bertanggungjawab.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan