Pasca Tewasnya Satu Warga. Bupati Bolmong Tinjau Lokasi Pertambangan Emas PT BDL.

Pasca Tewasnya Satu Warga. Bupati Bolmong Tinjau Lokasi Pertambangan Emas PT BDL.
Bupati Bolmong Dra.Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow di dampingi Kapolres Bolmong dan Dandim 1303.

BOLMONG,TABLOIDKONTRAS.Com – Pasca peristiwa berdarah yang terjadi di perkebunan Bolingongot pada Senin 27 September 2021 lalu, yang menewaskan satu warga Desa Toruakat, Kecamatan Dumoga ( red:Bolmong) inisial AD alias Arman  lelaki (37) akibat tertembak peluru senjata rakitan yang diduga milik oknum ‘Preman Bayaran’. Cukup mendapat perhatian publik,Terutama pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow ( Pemkab Bolmong).

Ini terlihat dengan adanya kunjungan Kerja oleh Bupati Bolaang Mongondow ( Bolmong) Dra Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow (YSM) melakukan peninjauan langsung dilokasi Perusahan Pertambangan Emas PT.Bulawan Daya Lestari ( BDL ), Sabtu (09/10/21).

Kunjungan Bupati Bolmong Ini, ikut di dampingi oleh, Kajati, Kapolres Bolmong AKBP DR.Nova Irone Surentu SH,MH, Polres Kotamobagu, Dandim 1303 Bolmong beserta jajarannya serta Camat Dumoga, Camat Lolayan dan Sangadi Desa Toruakat Tommy Mokobela.

Pada Kesempatan Itu, Bupati bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melihat keberadaan Aktivitas PT.BDL apakah  masih berlangsung aktivitas penambangan emas pasca terjadinya konflik yang diketahui telah menewaskan satu warga tersebut.

Ternyata pasca terjadi konflik di Wilayah Perkebunan Bolingogot itu, aktivitas Penambangan Emas perusahan PT.BDL  setelah peristiwa itu, sudah dihentikan. Ujar Sumber.

Lanjut Sumber, beberapa alat berat milik PT BDL tersebut, seperti Excavator masih berada dan di parkir dilokasi pertambangan.

” Kehadiran pemerintah patut di Apresiasi. Banyak hal yang di lihat oleh Bupati dilokasi PT.BDL tersebut. Sehingga harapan kami selaku masyarakat kiranya Aktivitas perusahan tambang emas ini ditutup saja. Pun juga perusahan PT.BDL belum mrngantongi IPPKH dari kementrian KLHK.” Harap sumber.

Seraya menambahkan bahwa Bupati Bolmong juga telah menegaskan dan itu disampaikan ke salah satu penjaga aset PT.BDL untuk tidak melakukan aktivitas dan sudah ada juga pelarangan melalui papan pemberitahuan dilokasi perusahan.

Perlu diketahui peristiwa berdarah yang terjadi di wilayah perkebunan Bolingongot (red:Bolmong) hingga menewaskan salah satu warga Desa Toruakat tersebut, bermula dari adanya persoalan batas wilayah perkebunan yang dikelolah oleh masyarakat diduga kuat telah diduduki oleh PT.Bulawan Daya Lestari.

Akibat perseturuan batas itulah, menyebabkan masyarakat Desa Toruakat Kecamatan Dumoga ( Bolmong) melalui pengawalan Polres Bolmong pada Senin 27 September 2021, melakukan pemasangan batas wilayah tanah perkebunan Bolingongot.

Namun tidak disangka, tiba tiba masyarakat diserang oleh sekelompok oknum yang diduga ‘Preman Bayaran’  dan menewaskan satu warga dan beberapa korban lain menurut kabar lagi menjalani perawatan jalan.

 

(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan