Pemkot Depok Terus Berkomitmen Wujudkan Kota Ramah Lansia

Pemkot Depok Terus Berkomitmen Wujudkan Kota Ramah Lansia
Wali Kota Depok Mohammad Idris (kanan) saat membagikan hadiah sepeda motor kepada lansia yang beruntung pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat  Kota Depok di Alun-Alun Kota Depok, Rabu (22/06/22).  

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berkomitmen meningkatkan kebahagiaan masyarakat lanjut usia (lansia). Demikian yang Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tingkat Kota Depok di Alun-alun Kota Depok, Rabu (22/06/22).

Ia pun memaparkan program strategis untuk mewujudkan hal tersebut. “Untuk mewujudkan Depok Kota Ramah Lansia itu ada kajiannya. Kita (Pemkot Depok) kajiannya sudah, tinggal menyeimbangkan indikator yang ada dengan WHO maupun standar ukuran kementerian terkait. Yang harus dipahami indikator di dalam WHO itu sangat ideal, sehingga memang masih sulit untuk diwujudkan dalam kondisi saat ini,” katanya usai membuka Puncak Peringatan HLUN.

“Pemkot Depok akan terus berupaya mencari titik temu. Bagian tersulit adalah pada infrastruktur,” ujar Idris.

Ia mengatakan, di Depok belum ada taman lansia di kelurahan, kembali lagi ini terkendala lahan yang ada. “Kita perlupolitical will. Lalu kedua komitmen bersama, artinya komitmen seluruh stakeholder, Pemkot, DPRD, seluruh Perangkat Daerah (PD) karena membutuhkan bantuan mereka semua,” ungkapnya.

Wali kota pun menyatakan, penyelenggaraan HLUN tingkat Kota Depok yang meriah adalah bukti, pihaknya ingin lansia di Kota Depok bahagia.

“Terlebih juga sudah ada Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kota Depok yang menjadi wadah berbagi program pemberdayaan  untuk lansia.

Ia mengatakan, lansia Depok itu keren-keren, hari ini mereka semua hadir di Alun-alun Kota Depok. “Banyak yang mendukung lansia bahkan acara HLUN ini bertabur hadiah untuk membahagiakan para lansia, semua Perangkat Daerah bekerja sama menyemarakan kegiatan ini demi para lansia di Kota Depok,” ungkapnya.

Pada kesempatan terpisah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar skrining kesehatan bagi lansia di Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Kota Depok di Alun-alun Kota Depok, Rabu (22/06/22). Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk mengetahui status kesehatan warga lanjut usia (lansia) di Kota Depok.

“Kami berikan fasilitas pemeriksaan kesehatan untuk 500 peserta lansia yang mengikuti acara Puncak HLUN,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati di sela-sela kegiatan.
Mary menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan gula darah sewaktu, tekanan darah tinggi. Ada juga kolesterol, dan asam urat.

“Dari hasil skrining, bagi lansia yang mengalami gangguan kesehatan akan dilakukan pendampingan lebih lanjut. Selain itu juga akan diberikan rujukan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya,” tutupnya.

 

IK

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan