Tabloidkontras.com

komunikasi terarah & selaras

08/12/2022

Pemkot Kotamobagu Mendapat Penghargaan Gubernur Sulut, Status Daerah Eliminasi Malaria.

Pemkot Kotamobagu Mendapat Penghargaan Gubernur Sulut, Status Daerah Eliminasi Malaria.
Kepala Dinkes Kotamobagu saat menerima penghargaan dr. Wahdania Mantang M.kes. Kapolres Kotamobagu Menyerahkan Medali Kepada Tim Bola Volly Putra Manado.

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.Com – Pemkot Kota Kotamobagu yang di pimpin oleh Walikota Ir.Hj.Tatong Bara, lagi-lagi berhasil mempertahankan status sebagai daerah Eliminasi Malaria se-Provinsi Sulawesi Utara.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, yang diwakili Wakil Gubernur Steven Kandouw pada rangkaian acara peringatan HKN yang digelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, dr Wahdania Mantang, M.Kes. pada awak media mengatakan bahwa pencegahan dan penanganan penyakit malaria salah satu program Pemkot Koramobagu.

Menurutnya, penanggulangan dan penanganan penyakit malaria memang menjadi salah satu program unggulan Dinas Kesehatan, khususnya bidang Kesmas dan P2P.

Hingga saat ini Dinkes Kotamobagu terus melaksanakan kegiatan-kegiatan pananganan dan pencegahan malaria, dalam rangka mempertahankan status eliminasi malaria dikotamobagu,” ujarnya.

Lebih lanjut ucap Wahdania Mantang, Penanganan yang dilakukan oleh Dinkes Kotamobagu, yaitu, memberikan pengobatan pada melaksanakan skrining kekuatiran dini dan pemeriksaan malaria cepat bagi kelompok yang baru datang dari daerah endemis.

Bahkan kata Wahdania, di tahun 2014 Kotamobagu juga menerima penghargaan Menteri Kesehatan atas status eliminasi malaria ini.

” Sejak saat itu kami berusaha mempertahankan status ini. Kasus malaria yang ada di Kotamobagu hanya kasus import. artinya, penderita terjangkit dari daerah endemis malaria dan bukan dari wilayah Kotamobagu,” ungkapnya.

Seraya menambahkan, tidaklah mudah untuk mempertahankan kerja keras dan kerjasama dengan intansi terkait dan warga masyarakat se Kota Kotamobagu.

Dirinya juga mengingatkan, Dengan upaya promotif preventif diharapkan dapat terus mempertahankan status dan kondisi daerah yang telah melakukan eliminasi malaria dan mendorong program lain untuk meningkatkan kinerja dan cakupan program sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Tentunya dalam mempertahankan status daerah eliminasi malaria, tak lepas dari Walikota Kotamobagu yang setiap saat mengintruksikan agar dinkes KK selalu melakukan pencegahan dan penanganan secara maksimal,” Pungkas dr Wahdania Plt Kadis Kesehatan Kotamobagu.

 

(Lucky Lasabuda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan