Peringati HUT Polwan. Kapolri Sampaikan Apresiasi Atas Dedikasi Dan Pengabdian Bhayangkari

Peringati HUT Polwan. Kapolri Sampaikan Apresiasi Atas Dedikasi Dan Pengabdian Bhayangkari
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

SULUT, TABLOIDKONTRAS.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI ) Bapak Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Menyampaikan Apresiasi terhadap dedikasi dan pengabdian para Bhayangkari. Khususnya, para polisi wanita (Polwan) yang sanggup berperan ganda sebagai anggota kepolisian dan juga ibu rumah tangga.

Hal ini disampaikan Kapolri saat memperingati Hari Jadi ke-73 Polwan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (1/9/2021). Dirinya berharap polwan dapat menjadi pembawa nama baik institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Satu sisi sebagian rekan-rekan memiliki tugas sebagai polisi, disisi lain tentunya bagi yang memiliki keluarga rekan-rekan juga memiliki peran sebagai ibu rumah tangga. Ini peran yang harus dijalankan secara seimbang, sehingga semua bisa berjalan dengan baik,” Ujar Kapolri

Kapolri menyinggung soal peranan polwan di masa pandemik COVID-19. Prajurit Bhayangkari, menurut dia, harus berada di lini depan ikut membantu pemerintah menekan laju pertumbuhan kasus positif.

Menurut Listyo Sigit Prabowo, polwan terus bergerak untuk berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi, edukasi, bahkan juga di dalam kegiatan mendistribusikan bantuan sosial (bansos). Bahkan, ada juga yang terlibat langsung dalam akselerasi vaksinasi, pemulasaran jenazah pasien virus corona.

Sigit berharap, adanya kerja sama dan kerja keras pemerintah, TNI-Polri dan elemen masyarakat akan membuat pertumbuhan COVID-19 saat ini berhasil ditekan. Penerapan protokol kesehatan (prokes), menurut dia, harus tetap dilakuan.

Kapolri juga menyoroti beberapa wilayah yang telah diturunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)-nya, tentunya di posisi ini terjadi kelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat.

“Peran Polri semua khususnya rekan Polwan untuk menguatkan edukasi, berikan contoh dan ingatkan ke masyarakat untuk senantiasa laksanakan protokol kesehatan secara ketat,” kata Sigit.

Sigit juga berharap polwan berperan aktif melakukan akselerasi vaksinasi COVID-19 pemerintah sesuai target pemerintah, agar kekebalan komunal masyarakat atau herd immunity bisa segera terwujud.

“Di sinilah peran Polri dibutuhkan, khususnya polwan, Polri diharapkan bisa memberikan warna dengan keluwesannya namun juga diharapkan tegas. Tapi karena ada karakter kewanitaannya akan jauh lebih humanis,” kata dia.

Di satu sisi, Sigit mengatakan, Polri harus memberikan kesempatan agar ekonomi tumbuh. Hal ini, menurut dia, perlu kemampuan khusus, kesabaran, fleksibilitas, dan kemampuan Polri untuk mengingatkan secara tegas namun humanis.

“Sehingga dipahami dan dimengerti masyarakat. Sebagaimana selalu Polri jadikan pedoman keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi ini harus selalu dipegang teguh, Salus Populi Suprema Lex Esto,” kata Kapolri.

Sigit mengingatkan kepada seluruh polwan lebih bijak dalam bertindak pada era revolusi industri dan luasnya penggunaan teknologi informasi, karena polwan merupakan cerminan institusi Polri.

“Selalu saya pesankan bagaimana pun tiap kegiatan individu berdampak pada institusi di era revolusi industri dimana teknologi informasi menjadi kegiatan ataupun kebiasan sehari-hari silahkan isi dengan kegiatan yang bisa membawa nama baik institusi. Ingat bahwa tiap tampilan yang dimunculkan itu membawa konsekuensi,” kata dia.

“Jadi tolong betul-betul dipikirkan setiap langkah dan perbuatan apalagi saat rekan-rekan manfaatkan teknologi informasi yang saat ini cenderung menjadi tren bagi Polri semua,” imbuh Sigit.

 

( Donny)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan