Polisi Berhasil Amankan Pelaku Tambang Emas Liar di Desa Lobong.

Polisi Berhasil Amankan Pelaku Tambang Emas Liar di Desa Lobong.
Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi, SIK, di dampingi Kasat Reskrim AKP Batara Indra A, SIK, MH. dan Kasi Humas Polres.

KOTAMOBAGU,TABLOIDKONTRAS.Com—Lagi-lagi Kepolisian Resor Polres Kotamobagu, melalui Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Jumat 9 September 2022, berhasil mengamankan para pelaku Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di perkebunan Tudu Limu, Desa Lobong Kecamatan Passi Barat (red-Bolmong)

Demikian hal ini disampaikan oleh Bapak Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi, SIK, pada Konferensi Pers bersama awak media, Sabtu (10/9/2022) di dampingi Kasat Reskrim dan Kasi Humas .

Selain terduga J, Kapolres mengatakan, pihak Tipidter juga menahan 7 orang saksi guna diperiksa.

“Sejumlah barang bukti diamankan, di antaranya 1 tong plastik, 1 karung yang berisi karbon sudah digunakan, 3 unit mesin alkon, 4 karung material yang mengandung emas, satu buah tong terbuat dari besi digunakan untuk membakar/panggangan karbon,” ungkap Dasveri Abdi.

Dan bagi pelaku PETI akan disangkakan dengan Pasal 158 atau Pasal 161 UU Nomor Tahun 2020 tentang Perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

“Yakni unsur pasal penambangan tanpa izin, meliputi menampung, memanfaatkan, melakukan pengolahan dan atau pemurnian, pengembangan dan/atau pemanfaatan, pengangkutan, penjualan mineral dan/atau batu bara yang tidak berasal dari pemegang IUP,” tutup Dasveri.

Perlu diketahui, aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ) tepatnya di Desa Lobong  Kecamatan Passi Barat ini, sudah cukup lama berjalan.

Mirisnya lagi, kegiatan penambangan emas tersebut, berada dekat dengan pemukiman warga. jika dihitung jarak lokasi tambang dan rumah warga, berkisar 30 meter saja dengan rumah warga.(Lucky)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan