Rakor Bersama Camat dan Kades, Bupati Halut Minta Diskominfo Agar Seluruh Desa Tampa Blankspot

Rakor Bersama Camat dan Kades, Bupati Halut Minta Diskominfo Agar Seluruh Desa Tampa Blankspot
Rakor Bupati bersama Camat dan Kades

HALUT, TABLOIDKONTRAS.com – Bupati Halmahera Utara, Frans Menery melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Kepala desa lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Rakor ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan di awal tahun untuk memulai kalender kerja di 2023. Selain Camat dan Kades, hadir juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di GOR Desa MKCM Kecamatan Tobelo, Selasa (24/01/2023).

Kabag Pemerintahan Berto Mene, SSTP, dalam laporannya mengatakan peserta yang hadir sekitar 400-an orang, yang terdiri dari 17 Kecamatan dan 197 Desa ditamba dengan Kecamatan Persiapan serta Desa persiapan yang ada di Halut.

Rakor dengan tema, “Mewujudkan Nilai Transformasi Pamong dalam Pelaksanaan Pembinaan dan Progres Pembangunan di Kecamatan dan Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Halmahera Utara,” yang menghadirkan empat pembicara yaitu Bupati  Ir Frans manery, Sekretaris Daerah Drs E J Papilaya, MTP, Kadis PMD Naftali Gita, S.Sos dan Kabag Pemerintahan Berto Mene SSTP.

Kadis PMD, Naftali Gita mengatakan tahun 2023, Siskeudes akan  secara on line, hal ini dilakukan untuk transparansi dan memudahkan pengawasan pengelolaan keuangan desa. Untuk itu perlu kesiapan tenaga operator desa untuk mengoperasikannya.

Sementara, Bupati Halut dalam arahan saat pembukaan mengatakan sudah tahun baru, pola pikir juga harus baru dan berubah ke arah yang lebih baik, dan perlu diingat, tugas dan tanggung jawab kita sesuai tupoksi masing masing. Baik itu di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

“Jika di desa ada BPD bersama Kades membangun desa dan BPD tidak bisa memberhentikan Kades, hanya sebatas pengusulan pemberhentian saja,” tegas Bupati.

Diharapkan di 2023, desa di Halut akan menjadi desa percontohan. Apalagi Siskeudes secara on line, untuk transparansi pengelolaan keuangan serta pengawasannya maka SDM, harus disiapkan yaitu operatornya.

“Kadis Kominfo agar mengusahakan seluruh desa di Halut, tidak ada yang blankspot. Semua harus terhubung dengan internet,” pinta Bupati.

Selanjutnya, dilakukakan dialog bersama. Dengan memberikan kesempatan kepada peserta yaitu Camat , Kades dan BPD untuk bertanya yang kemudian di jawab oleh empat Natasumber.

 

(Willy) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan