Tabloidkontras.com

komunikasi terarah & selaras

08/12/2022

Remer H. Sinyiang: Saya Dukung Penuh Pembentukan BUMDesmar Program Haji Robert

Remer H. Sinyiang: Saya Dukung Penuh Pembentukan BUMDesmar Program Haji Robert
Kades Soahukum Remer Sinyiang

HALUT, TABLOIDKONTRAS.com – Program Haji Robert Nitiyudo Wachjo selaku President Direktur (Presdir) PT Nusa Halmahera Minerals (PT NHM) yang dilakukan di 83 desa di 5 kecamatan Kao Teluk, Malifut, Kao, Kao Utara dan Kao Barat patut didukung penuh. Salah satunya program 1 persen yang sementara digodok untuk dapat diatur sehingga memiliki nilai manfaat demi untuk kesejahteraan desa dan masyarakat di lingkar tambang.

Remer Sinyiang Kepala Desa Soahukum Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung penuh yang menjadi program PT NHM. Hal itu sebagai bagian  menepis isu ketidaksetujuan soal dana satu persen dari PT Nusa Halmahera Mineral (PT NHM) yang diperuntukan untuk pembentukan BUMDes di lingkar tambang yang coba dimainkan sekelompok orang yang tidak memahami apa yang disampaikan pada pertemuan bersama pihak Tim SP.

Dijelaskannya, hasil sosialisasi tim SP di kecamatan Kao Barat pada Kamis 22 September lalu, telah dilakukan pembahasan terkait diskusi anggaran 1 persen. Dimana ada tawaran tim SP sendiri meminta ide dan gagasan apakah disetujui jika dana 1 persen masuk ke Bumdes Bersama (Bumdesmar).

“Bagi saya Bumdesmar ini menarik, sehingga anggaran 1 persen segera direalisasi. Melalui wadah ini satu solusi di 83 desa 5 kecamatan. Apalagi saat ini memiliki legalitas terdaftar di Kemkumham baru 11 desa dan tentunya akan memakan waktu jika kemudian coba diajukan. Sehingga alangkah baiknya digeser ke Bumdesmar,” jelasnya, Senin (26/09/2022).

Dikatakannya, ini menjadi  harapan besar apalagi Bumdesmar sendiri tidak terlepas dari UU Permendes nomor 3 tahun 2021 dimana pada Bab 2 dan Bab lain memiliki keterkaitan dan legalitas sehingga dapat tercover dengan baik.

“Hal ini perlu sehingga jelas legalitas hukumnya dan bisa tercover. Bagi saya ini harapan baik sehingga bisa segera terealisasi anggaran 1 persen,” terangnya.

Menurut Remer, semua desa di 5 kecamatan harus sehati sepikir dengan program yang sementara dilakukan Haji Robert untuk kesuksesan desa dan masyarakat dalam pengelolaan program PT NHM yang bersentuhan dengan masyarakat.

“Mari kita sukseskan program yang telah diatur sehingga dapat memberikan dampak untuk kesejahteraan masyarakat,” pintanya.

 

(Willy) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan