Saatnya Pedagang Melawan, Sudin PPKUKM Jakbar Pasang Spanduk “Perang”

Saatnya Pedagang Melawan, Sudin PPKUKM Jakbar Pasang Spanduk “Perang”
Spanduk Siber Pungli di pasar Lokbin Rawa Buaya.

JAKARTA, TABLOIDKONTRAS.com – Pungutan liar (Pungli) dan premanisme   seringkali terjadi di jalanan, maupun di pasar hal ini tak dapat dipungkiri. Bahkan lahan milik Pemda pun jadi sasaran pungli dan premanisme.

Plt dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Andri Yansyah dalam Zoom meeting belum lama ini dengan SKPD Jakarta Barat mengakui banyak persoalan di pasar Lokasi binaan (Lokbin) terjadi pungutan liar.

Dari berbagai sumber yang dihimpun, di Lokbin Rawa Buaya, Cengkareng, Jakbar pungutan liar terjadi sudah berjalan bertahun-tahun. Kelompok ini dalam menjalankan aksinya, meng-atasnamakan, untuk bayar lampu, sampah, keamanan, dan lainnya.

Padahal dalam keterangannya dari Sudin PPKUKM Jakbat, Kasie koperasi Djarot Sarafuddin menegaskan, bahwa semua fasilitas yang ada di pasar Lokbin milik Pemda dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Jadi siapapun tidak ada lagi alasan untuk meminta uang kepada para pedagang, kasian kan pedagang. Uang yang seharusnya buat menafkahi anak istri, malah dipintain, tega orang orang itu,”terangnya.

“Bedasarkan peraturan presiden No.87 Tahun 2016 tentang tugas sapu bersih pungutan liar yang disebut dengan Satgas Saber Pungli. Berdasarkan surat telegram bernomor : ST/1251/VI/HUK.7.1/2021-15 Juni 2021, yang ditunjukan para Kapolda untuk menindak maraknya aksi premanisme  dan pungutan liar. Keputusan Gubernur No.2786 Tahun 2016 tentang unit pemberantasan pungutan liar tingkat Provinsi, “tegas Djarot

“Semua ini jelas perintah dari Presiden, Kapolri dan juga Gubernur. Dengan adanya pemasangan spanduk ini supaya masarakat maupun pedagang tahu tentang kegiatan yang dilarang di luar ketentuan.Kita imbau saatnya pedagabg bersatu melawan untuk “memerangi” pungli  dengan menolak memberikan uang kepada siapapun di luar restribusi resmi Pemda, “pungkas Kasie UMKM Jakbar, Djarot Sarafuddin baru-baru ini di kantornya.

 

(IH)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan