Wakil Wali Kota Depok Ajak Semua Elemen Sinergi Akhiri AIDS di 2030

Wakil Wali Kota Depok Ajak Semua Elemen Sinergi Akhiri AIDS di 2030
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar acara Peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Kota Tahun 2022 di Gedung Balai Rakyat Beji, Rabu (21/12/2022). Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com-Ini tugas kita bersama untuk mengakhiri AIDS di tahun 2030 dengan seluruh jajaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, kalangan swasta, dunia usaha, akademisi, media, dan komunitas.

Demikian yang ditutur Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) Tingkat Kota Depok Tahun 2022. saat membuka Peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kota Depok di Gedung Balai Rakyat Beji, Rabu (21/12/22).

Wakil Wali Kota dalam kesempatan itu mengajak seluruh elemen bersinergi guna mengakhiri penyakit AIDS di Indonesia pada tahun 2030.

“Program penanggulangan HIV masuk dalam indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan. Dalam pemenuhan mutu tersebut. Dibutuhkan layanan yang bermutu dan terstandar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk mempercepat peningkatan akses pengobatan. “Hal tersebut dilakukan dengan layanan yang berkualitas melalui strategi Suluh, Temukan, Obati, Pertahankan (STOP),” ujar Imam.

“Pemkot Depok juga terus berupaya meningkatkan layanan terhadap kasus HIV/AIDS. Saat ini, terdapat sejumlah fasilitas kesehatan yang sudah mampu menangani kasus HIV/AIDS,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk layanan tes HIV terdapat di 38 Puskesmas, 24 rumah sakit, dan satu klinik di Rutan Cilodong. Sedangkan layanan perawatan dan pengobatan berada di empat rumah sakit, yaitu RSUD KISA Kota Depok, RS Sentra Medika, RS Universitas Indonesia, dan RS Hermina.

“Juga ada empat Puskesmas yang memberikan layanan perawatan dan pengobatan bagi pasien HIV/AIDS yaitu Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Cipayung, Puskesmas Cimanggis, dan Puskesmas Tapos,” jelasnya.

Wakil Wali Kota berharap, dengan peringatan HAS, dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan program pencegahan dan penanggulangan penyakit AIDS di Indonesia. Khususnya di Kota Depok.

“Mari bersama kita bebaskan seluruh masyarakat dari berbagai penyakit, masalah kesehatan, dan faktor risiko kesehatan. Termasuk, membebaskan seluruh masyarakat dari penularan HIV AIDS guna mencapai ending AIDS 2030,” paparnya mengakhiri.

 

IK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan