Wakil Wali Kota: Dukung Petani Buah Kota Depok Terus Pertahankan Pertanian Perkotaan

Wakil Wali Kota: Dukung Petani Buah Kota Depok Terus Pertahankan Pertanian Perkotaan
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat membuka gelaran Festival Buah Unggulan Kota Depok tahun 2022 di lapangan upacara Balai Kota Depok, Rabu (07/12).

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Pihaknya akan terus mendukung petani dengan menerapkan sistem pertanian perkotaan (urban farming).

Demikian yang diungkapkan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat membuka Festival Buah Unggulan Kota Depok Tahun 2022 yang digelar di Lapangan Balai Kota, hari ini.

Ia mengungkapkan, bahwa akan mendukung para petani milenial untuk terus melakukan pertanian perkotaan. ,” ujar

“Saat ini Kota Depok memiliki beberapa wilayah yang menjadi lahan pertanian yang cukup potensial. Antara lain Sawangan, Bojongsari serta daerah-daerah pinggiran di Kota Depok.
Bahkan di kota pun ada yaitu di Pondok Cina, Kukusan, Pancoran Mas,” jelasnya.

Ia mengatakan, selain itu, di Kota Depok juga ada buah-buahan unggulannya seperti jambu merah, lalu belimbing dewa yang menjadi ikon Kota Depok.
.
Imam pun berharap, Festival Buah Unggulan Kota Depok mampu membangkitkan kembali semangat para petani buah di Kota Depok. “Dengan begitu, mereka dapat terus berinovasi agar mampu menghasilkan produk-produk pertanian yang memiliki nilai jual tinggi,” ujarnya.

“Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, serta bisa dibanggakan, baik oleh kelompok tani maupun Kota Depok, bahkan membanggakan bangsa dan negara,” ujarnya.

Selain itu, Imam pun mengatakan,
Kota Depok memiliki dua komoditas unggulan yang sudah diekspor ke mancanegara. Dua komoditas tersebut adalah tanaman dan ikan hias.

“Kita punya dua komoditas yang sudah di expor ke mancanegara yaitu tanaman hias dan ikan hias,” ujarnya.

Ia mengatakan, sast ini, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) tengah mengembangkan Ikan Bala Shark. “Upaya pengembangannya juga didukung oleh Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

“Pada tahun 2023, Kota Depok akan dapat bantuan dari Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan Ikan Bala Shark dan Neon Tetra,” jelasnya.

Wakil Wali Kota mengajak warga Kota Depok untuk melakukan budidaya tanaman buah dan ikan hias. “Dengan begitu, keberadaanya dapat terus terjaga dan semakin dikenal luas. Ayo warga Depok kita bertani, kita menanam buah-buahan kita memproduksi budidaya ikan hias agar Depok lebih dikenal di Indonesia bahkan hingga internasional,” tandasnya.

 

IK

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan