Wali Kota Depok Hadiri Peluncuran FHI

Wali Kota Depok Hadiri Peluncuran FHI
Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Kepala Bakesbangpol Depok, Abdul Rahman menghadiri Launcing Festival Harmoni Indonesia secara virtual di Depok City Operation Room (D'COR) Balai Kota Depok, Rabu (22/6)

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris hari ini menghadiri launching atau peluncuran Festival Harmony Indonesia (FHI) secara virtual di Depok City Operation Room (D’COR) Balai Kota Depok.

Festival yang digelar oleh Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) tersebut dihelat dalam rangka memperingati Bulan Pancasila dan mendukung Gerakan Indonesia Bersatu.

Wali Kota mengungkapkan, festival yang bertema Serasi Dalam Keberagaman, Selaras Dalam Ke-Bhineka-an merupakan acara selebrasi kebudayaan. “Festival ini digelar dalam rangka mengharmoniskan budaya, etnis, kuliner, seni budaya, pakaian dan lain sebagainya,” ungkap Idris, usai kegiatan, Rabu (22/06/22).

Ia mengatakan, setelah Launcing FHI pada hari ini, selanjutnya akan ada Pagelaran Pesona Bhinneka Tunggal Ika pada 25-26 Juni 2022 di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

“Pada pagelaran tersebut akan menampilkan sejumlah acara. Antara lain Talkshow Kebangsaan, Parade Tari, Musik dan Pakaian Adat Tradisi Daerah, Puisi dan Pantun Kebangsaan hingga Kuliner Nusantara dan Bazar UMKM,” papar Idris.

Idris mengatakan, Kota Depok siap memeriahkan Pagelaran Pesona Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan rangkaian acara Festival Harmoni Indonesia (FHI) di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada 25-26 Juni 2022. Rencananya, Depok bakal menampilkan keragaman budaya, mulai dari pantun, puisi hingga musik tradisi lokal.
“Kota Depok diminta untuk tampil pada rangkaian acara FHI ini. Semoga semuanya lancar,” tuturnya.

Idris menjelaskan, walapun kekuatan budaya di Kota Depok berasal dari Betawi dan Sunda. Namun dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga akan menampilkan budaya lain yang ikut mewarnai keberagaman Kota Depok.

“Walaupun core-nya Kota Depok adalah Betawi, tapi ada juga suku atau etnis lain. Yaitu, Jawa, Minang, Sunda dan lain sebagainya. Nanti kita akan elaborasi menjadi suatu kebudayaan harmonis yang memang ada di Kota Depok,” terangnya.

Idris mengatakan, masyarakat Kota Depok memiliki ke kekhasan tersendiri, yakni multi etnis. Keberagaman ini harus dijadikan karunia dari Tuhan dan menjadi sebuah kekuatan. “Oleh karena itu, tema penampilan Kota Depok ialah dari Depok untuk Harmoni Indonesia,” ujarnya.
Ia mengharap, semoga keberagaman budaya yang ada di Kota Depok dapat kita jadikan sebuah kekuatan harmoni Indonesia. “Yang berangkat dari Depok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, Abdul Rahman menambahkan, dalam kesempatan tersebut pihaknya akan memperkenalkan sedikit tentang Kota Depok. Selain itu, juga ada pantun, Suara Depok untuk Nusantara, pembacaan puisi dan ditutup dengan lagu Indonesia Jaya yang akan dinyayikan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

 

IK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan