Wali Kota Depok Tinjau Lokasi Terdampak Angin Puting Beliung di Rangkapan Jaya

Wali Kota Depok Tinjau Lokasi Terdampak Angin Puting Beliung di Rangkapan Jaya
Wali Kota Depok, Mohammad Idris didampingi Kepala Disrumkim Kota Depok Dudi Mi'raz dan Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat saat meninjau lokasi terdampak bencana angin puting beliung di RW 03 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (15/05/22).

DEPOK, TABLOIDKONTRAS.com – Rumah warga yang terkena terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (15/05), ditnjau Wali Kota Depok Mohammad Idris.
Peninjauan ini dilakukan bersama Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Mi’raz dan Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat.

Wali kota mengatakan, Rangkapan Jaya merupakan salah satu wilayah terdampak bencana tersebut. “Terdapat sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan,” ujarnya Minggu (15/05).

Ia mengungkapkan, rata-rata asbes rusak, ada yang dua sampai 10 lembar. “Besok pagi akan diasesmen kerusakan lainnya,” katanya saat meninjau lokasi terdampak puting beliung di Jalan Gang H. Niman RW 03, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Idris juga langsung menginstruksikan perangkat daerah terkait seperti Disrumkim dan Dinas Sosial untuk melakukan penanganan kepada korban.

Malam ini, Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah turun ke lokasi guna memberikan bantuan logistik.

Ia menyebut, berdasarkan laporan yang masuk, selain di Kelurahan Rangkapan Jaya, bencana puting beliung juga terjadi di beberapa wilayah. Di antaranya Kelurahan Mampang dan Bedahan.

“Pemkot akan berkomunikasi dengan mitra pemerintah untuk melakukan kolaborasi membantu penanganan bencana tersebut. Masyarakat saat ini harus bersabar, perbanyak istighfar, dan terus berkomunikasi dengan RT dan RW setempat,” papar Idris.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Senin (16/05), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok menyalurkan bantuan kepada 45 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas. Bantuan yang diberikan berupa paket kebersihan keluarga, terpal, dan paket perlengkapan bayi.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, bantuan ini sebagai tindak lanjut arahan Pak Wali Kota dan bentuk perhatian Pemkot Depok kepada korban terdampak.

“Berdasarkan laporan yang masuk ke pihak kami, wilayah terdampak bencana angin puting beliung tidak hanya di Kecamatan Pancoran Mas. Namun juga di Kecamatan Bojongsari dan Cipayung,” ungkap Gandara Budiana usai menyalurkan bantuan tersebut.
Ia mengatakan, bantuan juga akan kami salurkan ke wilayah lain, dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Palang Merah Indonesia dan lainnya.

“Selain itu, kami akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait untuk memangkas pohon yang rawan tumbang. Masyarakat juga harus lebih waspada dengan memeriksa bangunan rumahnya yang rawan rusak,” ungkapnya.

 

IK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan