Wujudkan Ketahanan Pangan. Bupati Bolmong Ir.Limi Mokodompit MM, Kunker Ke Wilayah Penghasil Holtikultura.

Wujudkan Ketahanan Pangan. Bupati Bolmong Ir.Limi Mokodompit MM, Kunker Ke Wilayah Penghasil Holtikultura.
Bupati Bolaang Mongondow Ir.Limi Mokodompit MM, saat kunker dan melakukan penanaman di area pertanian holtikultura Desa Insil.

BOLMONG,TABLOIDKONTRAS.Com – Mewujudkan dan meningkatkan kualitas ketahanan pangan di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong),  Pemerintah terus melakukan terobosan serta perhatian khusus kepada para petani dengan dimenyiapkan program serta berbagai bantuan yang dinilai perlu dan penting.

Seperti halnya Penjabat Bupati Bolaang Mongondow, Ir Limi Mokodompit MM, tak henti-hentinya mendorong dan memotivasi para petani untuk meningkatkan produksi pertaniannya.

Buktinya, orang nomor satu di Bolmong ini kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker ) turun di lokasi area pertanian Holtikultura di Desa Insil, Kecamatan Passi Timur, Selasa 6 Septemner 2022 kemarin.

Dalam sambutannya, Bupati Bolaang Mongondow Ir.Limi Mokodompit MM, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang telah kemudian berinisiatif mengundang dirinya untuk bisa melihat langsung dan berada di area perkebunan Holtikultura yang begitu luas di Desa Insil.

” Pertemuan seperti ini kadang di anggap sesuatu yang biasa. tetapi bagi saya, kunjungan semacam ini adalah momentum yang sangat baik serta bisa bertatap muka langsung dengan petani (Warga) dan mendengarkan apa saja keluhan atau kendala yang kemudian dihadapi oleh petani dan bisa langsung disampaikan secara terbuka kepada pemerintah, sehingga pemerintah pun bisa tau dan mencarikan solusi terbaik,” ucap Bupati Bolmong.

Lanjut Bupati, Dirinya memiliki keinginan besar untuk terus mengembangkan kawasan pertanian agar hasil komoditi panen di Bolaang Mongondow bisa lebih baik dan memiliki nilai jual/beli yang tinggi serta tidak merugikan para petani.

“Kedaulatan pangan kita harus terus terjaga.  karena  hasil pertanian lah yang menjadi salah satu faktor penunjang utama perkembangan perekonomian masyarakat di daerah,”  ujarnya.

Menurut Limi Mokodompit, Tanah totabuan Bolaang Mongondow cukup besar, sehingga kalau kemudian mampu di kelolah dengan baik oleh masyarakat, maka untuk mewujudkam ketahanan pangan melalui hasil pertaniannya, tidaklah sulit.

“Desa Insil ini merupakan desa leluhur saya. Saya sangat bangga bisa bersama masyarakat terutama dengan para petani Desa Insil bersatu, untuk mensupport dan sama-sama menjaga kedaulatan pangan yang ada saat ini, apa lagi wilayah Kecamatan Passi Timur ini, diketahui penghasil tanaman yang menjadi dapur masyarakat Bolaang Mongondow, semuanya ada, kentang, bawang, dan lain-lain semua ada disini. ” terang Bupati Limi Mokodompit.

Menariknya pada agenda kunjungan kerja ( Kunker ) Bupati Bolaang Mongondow Ir.Limi Mokodompit MM di Desa Insil, masyarakat diberikan kesempatan berdialog serta bertanya apa saja kendala dan keluhan untuk bisa disampaikan.

Dari banyaknya masyarakat yang hadir, diberikan kesempatan kepada tiga penanya, mewakili masing masing Desa untuk menyampaikan hal-hal yang di anggap penting serta dapat membantu dan meringankan beban para petani.

Masing-masing penanya (Warga) menyampaikan permintaan bantuan Kuota pupuk bersubsidi bisa di tambah lagi oleh pemerintah dan juga meminta pemerintah dapat memberikan dukungan bantuan fasilitas pendukung pertanian berupa mesin Traktor. karena kata warga,selama ini Desa Insil belum perna mendapatkan bantuan fasilitas pendukung.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga turut di dampingi putri tercintanya, Veramita Tifani Mokodompit SE, M.BA. Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Kapolsek Passi, Danramil Passi, Para Camat dan Sangadi di wilayah kecamatan Passi Timur.

 

(Donny)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan